• Home
  • Opini
  • Kota Bengkalis Kota 1000 Kedai Kopi
Senin, 24 Desember 2018 14:07:00

Kota Bengkalis Kota 1000 Kedai Kopi

BAGIKAN:
Ilustrasi
Bengkalis,sebagai orang bengkalis yang sudah bercokol di pulau ini dari budak-budak sampai punya budak (Anak sepasang) mendengar julukan bengkalis kota seribu kedai kopi adalah wajarlah atau suai.

Disebabkan perkembangan kota dalam 10 tahun belakangan ini tumbuh bak jamur diwaktu hujan bangunan beton yang hanya lebar 5 meter dan panjang rata-rata 15 meter ruko (rumah toko)di sepanjang jalan protokol dan sampai disudut-sudut kota bengkalis.

Dan yang memiliki ruko-ruko tersebut sebahagian besar warga tionghoa sebenarnya banyak yang punya tanah atau lahan atau rumah dimiliki suku melayu karena para developer atau yang mau bangun ruko membuat kerjasama antara yang bangun sama yang punya tanah ruko tersebut di bagi dua contoh kalau tanahnya bisa 6 ruko maka yang punya tanah dapat 3 ruko dan yang bangun dapat 3 ruko juga dan ada lagi yang menggiurkan setelah di bagi dua yang punya tanah dapat uang kes atau tunai.

Dengan kejadian ini maka mayoritas di tengah kota bengkalis, orang tionghoa dan mereka menggunakan ruko tersebut di lantai bawah untuk usaha dan lantai dua ada sampai tiga lantai untuk tempat tinggal.

Jenis usaha yang ada biasanya dominan jual barang kelontong atau kebutuhan sehari-hari dan juga pakaian.Dan yang menjadi bahasan utama usaha kuliner kedai kopi sudah menjamur.

Kalau ditanya orang bengkalis mengapa harus ngopi di kedai kopi rata-rata baik yang sudah tua sampai anak mudah pekerjaan sebagai pegawai atau swasta dengan suara bulat mengatakan biarpun sudah disiapkan kopi dirumah kami wajib ngopi di kedai kopi dan kebiasaan orang bengkalis kalau ngopi tidak terfokus satu kedai kopi saja bisa-bisa dari pagi sampai malam ngopi 3 sampai 5 kali pindah kedai kopi dalam satu hari sunggu kebiasaan yang aneh.

Keberadaan kedai kopi di satu lokasi atau jalan dalam hitungan satu blok ruko ada 6 sampai 10 ruko keberadaan kedai kopi ada 5 ruko kedai kopi jadi ada 3 ruko satunya itu kedai kopi.

Dari sisi menu yang dominan minuman kopi dan teh es di tambah cemilan ada bakpaw dan cake,rata - rata pemilik kedai kopi berkolaborasi dengan penjual lontong mereka diberi tempat biasanya di posisi depan pintu masuk dan pemiliknya menjual minuman dari dapur belakang dan sistim pembayaran sewa tempat dengan hitungan per hari dengan pemilik kedai kopi.

Di Bengkalis nama-nama kedai kopi terutama kedai kopi yang sudah lebih 2 generasi ada nama kota-kota besar di indonesia,antara lain yang terkenal kedai kopi Yogyakarta ada cirebon juga jakarta dan nama kota bengkalis sendiri.

Biasanya kalau ada kawan atau teman menanyakan kita lagi dimana pagi di cirebon siangnya ketemu klain atau bual bisnis di yogyakarta dan terakhir sore atau malam nongkrong di jakarta.

Sebenarnya peluang wisata kuliner di kota bengkalis bisa di promosikan terutama menu khas tiap kedai kopi seperti kopinya pasti ada beda dan kedai kopi dan juga cemilannya seperti roti kawin ini roti bakar di kasih selai didalamnya hanya ada di kedai kopi tertentu dan juga ada lotek khas bengkalis.

yulistar7
  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.