• Home
  • Opini
  • Kota Bengkalis Ada Kuburan Belanda Kesepian dan Terbiar
Jumat, 28 Desember 2018 15:17:00

Kota Bengkalis Ada Kuburan Belanda Kesepian dan Terbiar

BAGIKAN:
yes
Kuburan Belanda di TPU Kristen Jl. HOS Cokroaminoto Bengkalis

BENGKALIS,Pesisirone-Kebiasaan kami warga bengkalis tiap sore selalu putar-putar jalan di bengkalis  menelusuri jalan-jalan di kota bengkalis di jalan HOS cokroaminoto terlihat makam atau kuburan tua yang tak lazim tak terawat dan nampak bersih di samping-sampingnya tidak terlihat lagi ilalang atau rumput lebih tinggi dari kuburan, tertulis di depannya TPU Kristen dan saya terfokus kuburan lama yang  tak terurus dan ada yang rusak berlubang sungguh memprihatinkan mengapa bukti sejarah ini dibiarkan tanpa ada perawatan.

Di samping TPU Kristen ada gereja HKBP Bengkalis dan saya berhenti  sejenak ingin tahu kondisi kuburan belanda ini dan menghampiri dan terlihat ada 2 orang lagi buat semen salah satu kuburan, kata salah satu tukang ini tetangga kami baru meninggal  mau buat semennya.

Dari sini , saya melihat di salah satu makam tulisan di batu nisannya


“Johanna Maemean"

lahir 23 7 37

Meninggal 23 9 37

Sebuah Kuburan ukuran kecil berbentuk setengah lingkaran di selah-selah kuburan yang lama atau kuburan kristen lainnya, tiba-tiba saja menarik perhatian saya. Kuburan  ini masih utuh daripada  kuburan lainnya lebih parah kondisi nya misalnya hanya tersisa tanpa ada nisan di dekatnya.  Mirip sebuah prasasti yang tak terurus dan kondisi rusak ada yang ber lobang dan bekas congkelan seperti ada yang memecahkan atau mencabut besi.

Melihat tulisan di kuburan kecil ini yang di tulis tangan lansung sebelum semennya kering kita bisa mengetahui bahwa yang dimakamkan adalah seorang bayi  berusia sekitar tiga  bulan saja. Lantas bagaimana kuburan lainnya? Apakah ini dulunya merupakan sebuak kompleks kuburan Belanda.  Rasaya perlu penyusuran lebih lanjut.

Informasi yang saya dapat kemudian mengungkapkan bahwa memang di  kawasan tempat pembibitan tanaman dari pemerintah pusat,ini dulunya merupkan kerkhof atau pemakaman Belanda.  Kemudian ketika gereja HKBP mulai di bangun disebelah kuburan tersebut , pemakaman ini atau kerhof di jadikan kuburan orang kristen sampai sekarang.

Setidaknya pada perjalanan hari ini, saya berharap makam belanda ini bisa di jadikan tempat wisata bersejarah bahwa di bengkalis dulunya adalah pusat pemerintahan  dengan saksi sejarah sebuah makam belanda yang kesepian di tengah ramainya rumah - rumah masyarakat di sekitar kuburan belanda ini yang sekarang jadi pusat kota bengkalis.

yulistar7

  berita Terkait
  • Perlu 'kesigapan' menjelaskan Zika pada masyarakat

    3 tahun lalu

    BENGKALIS,Pesisirone-Kebiasaan kami warga bengkalis tiap sore selalu putar-putar jalan di bengkalis  menelusuri jalan-jalan di kota bengkalis di jalan HOS cokroaminoto terlihat makam atau k

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.