• Home
  • Kesehatan
  • Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Kabupaten Bengkalis Bertambah 1 Orang Lagi, Menjadi 5 Orang
Kamis, 07 Mei 2020 10:48:00

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Kabupaten Bengkalis Bertambah 1 Orang Lagi, Menjadi 5 Orang

BAGIKAN:
Internet

BENGKALIS – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra TH menjelaskan, warga daerah ini yang menjadi pasien ke-5 yang terkonfirmasi positif tersebut adalah HS (20, laki-laki) dari Kecamatan Siak Kecil.

“HS merupakan bagian dari klaster pondok pesantren Magetan, Jawa Timur” terang Ersan sebagaimana disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganam Covid-19 Johansyah Syafri.

Ersan menjelaskan, selain HS, tercatat masih ada 54 orang lagi warga Kabupaten Bengkalis yang termasuk dalam klaster Magetan ini. Baik itu yang sudah dilakukan rafid test, maupun belum.

Untuk itu, Ersan mengimbau seluruh masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini untuk etap tenang dan tingkatkan kewaspadaan, serta melakukan pembatasan fisik (physical distancing).

“Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian” pesannya.

Kemudian, pinta Ersan, bila harus keluar, gunakan masker (lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali).

“Ini sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)” jelasnya.

Lalu, sambungnya, rutin mencuci tangan (lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer).

“Jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, serta berolahraga rutin dan konsumsi vitamin yang cukup” imbuhnya.

Ersan juga mengingatkan agar tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya.

“Menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 UU 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan” terangnya.

Dia juga mengajak semua pihak untuk dukungan moril kepada pasien positif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (DPP), dan tenaga medis.

“Jangan berstigma negatif terhadap mereka” ajaknya, penuh harap.

Selanjutnya, asa Ersan, bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 0761-23810.

“Tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini. Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Jangan lupa, di rumah aja!” tutup Ersan. (Red)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.