Rabu, 02 Januari 2019 12:27:00

Ala Jemaat HKBP Bengkalis:

Silahturahmi Marathon Awal Tahun 2019

Barakan, sebuah toleransi nyata di Bengkalis
BAGIKAN:
Silahturahmi Marathon jemaat HKBP Bengkalis
BENGKALIS, Pesisirone Tradisi Warga HKBP Bengkalis menyebutnya Barakan atau rombongan. Bayangkan saja, ratusan warga jemaat HKBP datang bergerombol ke rumah warga yang merayakan Tahun Baru. Tak ada ruang kosong dalam rumah ketika gelombang silaturahmi ini tiba.

Karena semua rumah harus dikunjungi, warga otomatis silaturahmi penuh waktu dari pagi sampai sore selama 2 hari tahun baruan benar-benar menjadi medium bertegur sapa dan membagi makanan sepanjang hari.

Warga jemaat HKBP Bengkalis ikut melestarikan tradisi barakan ini sama saudara-saudara kita di saat lebarannya yang penuh kekerabatan. Pesannya jelas, membagi makanan yang kita punya untuk siapa saja tanpa melihat status sosialnya.

Di awal tahun baru ini jemaat HKBP Bengkalis melaksanakan barakan dari tangal 02 sampai 03 januari 2019.

K Sihombing Ketua rombongan mengatakan"Tahun ini rombongan di ikuti 31 KK jadi kita bagi dua hari jadwal rombongan "terang K Sihombing.

Dalam kegiatan di rumah-rumah biasanya kata sambutan dari mewakili rombongan.bernyanyi,sambutan dari tuan rumah dan doa penutup.

Lanjut Ketua rombongan biasanya diawal dan akhir rombongan tuan rumah menyajikan makan berat agar rombongan semangat untuk keliling ke rumah-rumah warga.

Lainnya ada aneka kue kering, buah, sirup, dan minuman kaleng aneka rasa impor dari Malaysia. Nyaris semua rumah menyediakan minuman kaleng ini. Pulau Bengkalis sangat dekat dengan Malaysia sehingga sejumlah produk konsumsi berasal dari negeri tetangga.(red)
  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.