• Home
  • Sosial & Budaya
  • Konsisten Kembangkan Budaya Melayu, Sanggar Seni Yong Dollah STAIN Bengkalis Gelar Festival Seni Melayu
Jumat, 22 November 2019 09:36:00

Konsisten Kembangkan Budaya Melayu, Sanggar Seni Yong Dollah STAIN Bengkalis Gelar Festival Seni Melayu

BAGIKAN:
Syahrizal
Foto Bersama Kabag AUAK, Wakil Ketua III, Dosen STAIN Bengkalis, Pembina Sanggar Seni Yong Dollah dan Dewan Juri saat pembukaan Festival Seni Melayu

PESISIRONE.COM, BENGKALIS - Menanamkan budaya melayu dikalangan mahasiswa dan masyarakat, STAIN Bengkalis lewat Sanggar Seni Yong Dollah STAIN Bengkalis laksanakan Festival Seni Melayu tingkat Umum Se - Riau, Jumat (22/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Al Farabi STAIN Bengkalis ini di buka secara resmi oleh Kabag AUAK STAIN Bengkalis H. Nasrun Harahap, MA dan dihadiri oleh 5 Dewan juri yaitu Erzansyah, Oesman, Marzuli, Iskandar Zulkarnaen dan Sutanto.

Turut hadir dalam acara pembukaan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAIN Bengkalis Wira Sugiarto, S. IP., M. Pd. I, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Pembina Sanggar Seni Yong Dollah Syahrul Romadan dan ratusan peserta Festival Seni Melayu Se - Riau.

Dalam sambutannya, Kabag AUAK STAIN Bengkalis H. Nasrun Harahap, MA saat membuka acara secara resmi mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Seni Melayu se-Riau yang di taja oleh Sanggar Seni Yong Dollah.

“Kegiatan ini selaras dengan visi STAIN Bengkalis yakni unggul dalam pengembangan ilmu-ilmu Keislaman dan Kemelayuan. Sebagaimana melayu yang identik dengan Islam, dan Islam yang tidak bisa dilepaskan dengan adab.”

Lebih lanjut Nasrun menerangkan bahwa STAIN Bengkalis senantiasa akan mendukung segala bentuk kreativitas mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan positif seperti ini dan berharap kepada seluruh mahasiswa agar senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya melayu dalam kehidupan sehari-hari.

Saat diwawancara, Syahrul Ramadhan selaku Pembina Sanggar Seni Yong Dollah menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap budaya-budaya melayu di tengah kekhawatiran terhadap fenomena (segelintir) generasi muda melayu yang kehilangan dan tidak memahami identitas budaya dengan baik dikarenakan gerusan budaya-budaya luar yang mempengaruhi generasi muda saat ini.

“Eksistensi sanggar seni yong dollah STAIN Bengkalis semoga bisa bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat. Pelaksanaan Festival Seni Melayu Tingkat Umum se-Riau semoga berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, dewan hakim, dan peserta yang turut mensukseskan acara ini, yang salah satunya datang dari Kabupaten Kepulauan Meranti.” Ungkap Syahrul.

Pelaksanaan Festival Seni Melayu Tingkat Umum se-Riau tahun 2019 ini merupakan kali kedua yang di taja oleh Sanggar Seni Yong Dollah STAIN Bengkalis. Acara akan berlangsung selama dua hari tepatnya tanggal 22-23 November 2019 dan terdapat empat jenis perlombaan, yakni Nyanyi Solo yang diikuti sebanyak 18 peserta, Puisi yang diikuti sebanyak 14 peserta, teater yang diikuti sebanyak 3 grup, dan tari kreasi yang diikuti sebanyak 6 grup.(Sy)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.