• Home
  • Sosial & Budaya
  • Dua Dosen STAIN Bengkalis isi seminar tentang Pencegahan Bahaya Narkoba di Siswa SMAN 1 Siak Kecil
Jumat, 16 Agustus 2019 15:36:00

Dua Dosen STAIN Bengkalis isi seminar tentang Pencegahan Bahaya Narkoba di Siswa SMAN 1 Siak Kecil

BAGIKAN:
Syahrizal

PESISIRONE.COM, SIAK KECIL - Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKL STAIN Bengkalis laksanakan seminar tentang Pencegahan Bahaya Narkoba untuk Siswa SMAN 1 Siak Kecil, Jumat (16/08/2019).

Kegiatan yang berlangsung di gedung SMA Negeri 1 Siak Kecil ini di isi oleh dua orang dosen STAIN Bengkalis Juwandi, M.H dan Risman Hambali dan di hadiri oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Siak Kecil Drs. Alwir Rusman, Majelis guru dan ratusan siswa SM SMA Negeri 1 Siak Kecil.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 1 Siak Kecil Drs. Alwir Rusman mengapresiasikan kegiatan seminar tentang Pencegahan Bahaya Narkoba ini.

"Kami mengapresiasi gagasan dan tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa KKL STAIN Bengkalis ini. Ini menjadi hal penting karena kita tidak ingin ada siswa siswi kita yang terkena dampak bahaya narkoba. Oleh sebab itu, seminar ini sangat penting dilakukan demi menciptakan generasi yang berkarya, sesuai dengan tema yang diangkat dalam seminar ini "Generasi Milenial Generasi Berkarya", tuturnya.

Mewakili seluruh majelis guru dan tata usaha SMAN 1 Siak Kecil, Drs. Alwir Rusman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan berharap program ini terus dilakukan demi memberantas habis penyebaran narkoba di Kecamatan Siak Kecil.

Dalam pemaparannya, Juwandi, M.H menyampaikan bahwa ketidak inginnya beliau akan generasi muda terpengaruh dengan bahaya narkoba.

"Secara geografis letak pulau Bengkalis dan daratan Sungai Pakning hingga Siak Kecil merupakan lokasi strategis bagi penyebaran narkoba. Maka kami selaku akademisi tidak ingin generasi-generasi muda kita terpengaruh dengan bahaya narkoba ini. Karena hukum bagi pengedar dan pemakai narkoba di Indonesia sangat berat, andailah tidak dilakukan upaya pencegahan seperti seminar yang diadakan hari ini maka generasi penerus akan rusak,”ungkapnya.

Disamping itu, Risman Hambali, M.E dalam pemaparannya juga menyampaikan akan larangan narkoba dalam agama Islam.

"Sesungguhnya narkoba dilarang oleh seluruh agama yang ada di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan melalui Kitab Suci setiap agama, seperti: Islam  dalam (QS. Al Baqarah: 195 dan Al A'Raf 157) dan didukung dengan Hadis Rasulullah SAW, Katolik dalam Lucas 34 dan Raja Raja 16, Protestan dalam Galation 13, 21, Budha dengan mengistilahkan dengan Sura, Meraya, Majja, Pamadatthama dan Hindu dalam Sarasamuccayasloka 256. Maka tidak ada alasan bagi generasi muda untuk menggunakan narkoba,” ujarnya.

Kehiatan ditutup dengan foto bersama kepala sekolah, majelis guru dan puluhan siswa SMA Negeri 1 Siak Kecil.(SY)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.