• Home
  • Pendidikan
  • Siapkan Mahasiswa Yang Kreatif Dan Inovatif, HMPS Ekonomi Syariah Laksanakan Lomba Cipta Kuliner Khas Melayu Berbahan Dasar Ubi
Kamis, 05 September 2019 19:43:00

Siapkan Mahasiswa Yang Kreatif Dan Inovatif, HMPS Ekonomi Syariah Laksanakan Lomba Cipta Kuliner Khas Melayu Berbahan Dasar Ubi

BAGIKAN:
Syahrizal

PESISIRONE.COM, BENGKALIS – Guna menciptakan mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha ekonomi di era industri 4.0, Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis lewat Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) selenggarakan Lomba Cipta Kuliner Khas Melayu berbahan dasar ubi, Kamis (05/09/2019).

Kegiatan perlombaan cipta kuliner dan stand kreasi Ekonomi Syariah, terdapat empat dewan hakim yang akan memberikan penilaian, yaitu ketua jurusan Syariah dan Ekonom Islam, Wan Muhammad Fariq, Lc, M.Pd, Ketua jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Ika Kurnia Sofiani, S.Th.I, M.Pd, Kepala P2M, Mufaro’ah, M.Si, dan Kepala UTIPD, Muhajir Darwis, M.Pd.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Wakil Ketua I STAIN Bengkalis Drs. H. Saifunnajar, MA  ini, turut hadir Ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Ketua P2M, Kepala UTIPD, para dosen dan civitas akademika STAIN Bengkalis, juga dihadiri oleh seluruh mahasiswa program studi Ekonomi Syariah dan mahasiswa peserta lomba.

Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Sri Wahyuningsih, ME dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan ini sebagai upaya menaikkan produk lokal menjadi produk luar biasa yang bisa dikenal masyarakat luar. Dalam penyampaiannya, ketua Prodi Ekonomi Syariah juga mensosialisasikan visi misi program studi kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut.

“Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Lomba Cipta Kuliner Khas Melayu oleh HMPS Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis. Bila tahun lalu bahan dasarnya adalah sagu, kali ini berbahan dasar ubi. Hal ini sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif dengan berbahan dasar ubi yang merupakan produk lokal yang mudah didapatkan menjadi produk luar biasa yang bisa dikenal masyarakat luar.” Ungkapnya.          

Sementara itu, Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Wakil Ketua I, Drs. H. Saifunnajar, MA menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba cipta kuliner khas melayu oleh HMPS Ekonomi Syariah ini.

“Ekonomi Syariah memiliki peran penting dalam memajukan kampus STAIN Bengkalis lewat produk-produk ekonomi kreatif yang diciptakan, salah satunya melalui lomba cipta kuliner khas melayu berbahan dasar ubi seperti yang ditaja oleh HMPS Ekonomi Syariah. Menyikapi hal ini, harus muncul sikap gigih dan cerdas kepada para calon enterpreneur dalam mengatasi setiap kendala yang dihadapi.” Tuturnya.

Selain lomba cipta kuliner, kegiatan ini juga diisi dengan lomba stand kreasi Ekonomi Syariah yang diikuti oleh 14 prodi yang ada di STAIN Bengkalis dengan masing-masing prodi mengutus 3 grup untuk mengikuti perlombaan.

Kegiatan dimulai dengan pemotongan pita oleh Plt. Wakil Ketua I STAIN Bengkalis Drs. H. Saifunnajar, MA didampingi oleh ketua prodi Ekonomi Syariah dan seluruh tamu undangan yang hadir pada acara tesebut.(SY)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.