Selasa, 09 Oktober 2018 15:44:00

PKM PTKIN Tahun 2018 Secara Resmi Dibuka

BAGIKAN:
Suasana saat pembukaan PKM PTKIN tahun 2018, di Palembang
PALEMBANG, PESISIRONE.com - Pembukaan secara Resmi Pekan Kreatifitas Mahasiswa di UIN Raden Fatah Palembang berlangsung semarak  dan meriah yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidkan  Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Komaruddin Amin dengan mengusung tema Menjalin Ukhuwah dan Meraih Prestasi, Mewujudkan PTKIN Bermartabat.

Dalam amanahnya beliau memberikan apresiasi dan berharap untuk memamfaatkan potensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang ada. Selasa,  09/10/2018.

Dalam kegiatan  ini dihadiri oleh Dirjend pendidikan islam Kamaruddin Amin, Para rektor dan Warek se Sumatera, Gubernur sumsel, Pangdam 2 Sriwijaya, Kapolda sumsel, MUI Sumsel serta seluruh kontigen dari 22 PTKIN  Se - Sumatera.

Pekan Kreatifitas Mahasiswa ( PKM)  merupakan agenda yang melibatkan PTKIN se-Sumatera yang diikuti 22 PTKIN, dengan 30 cabang perlombaan, dan diikuti  551 atlet dan 143 official, dan akan  berlangsung mulai pada tanggal  8 s.d 13 Oktober 2018 di UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam kegiatan  pembukaan ini juga terdapat pelepasan merpati serta balon PKM PTKIN pertanda PKM PTKIN resmi telah dibuka.

Dalam sambutanya  Direktur jendral  pendidikan agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia,  Komaruddin Amin mengucapakan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini.

“Saya Menyampaikan apresiasi kepada para Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama yang telah menginisiasi acara ini, karena PKM ini upaya dan ikhtiar membangun generasi yang punya fondasi yang kokoh, dan mempersiapkan generasi masa depan, " terangnya.

Masih lanjutnya, disampaikannya bahwa negara kita yang memiliki bonus demografi terbesar di dunia dan negara terbesar yang memiliki jumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam terbanyak di dunia, bagaimana kita bisa mengkapitalisasi sumber sumber yang besar tersebut seperti Potensi rasio  dan Intelektual, Potensi Ruh, Potensi raga serta Potensi Rasa.

" Ada sekitar 70% anak anak indonesia yang seharisnha kuliah di PTKIN, tapi hanya 30 % yang berkesempatan untuk kuliah di PTKIN. Oleh karena itu yang 30 % diharapkan dapat mendrive dan menahkodai generasi muda di era milenial ini, " jelasnya.

Secara terpisah, sesaat setelah acara pembukaan, kamipun berhasil mewawancarai Ketua Kontingen STAIN Bengkalis, Wira Sugiarto,  S.  IP,  M.  Pd.  I yang ikut serta berpartisipasi dalam acara ini, saat dikonfirmasi berambisi untuk menoreh prestasi dan akan membawa pulang mendali.

“ Kami dari kontingen STAIN Bengkalis akan mengikuti pertandingan dan perlombaan dengan baik sesuai dengan tujuan awal untuk menjalin silaturahmi dan menjalin ukhuwah antar sesama PTKIN  serta antar mahasiswa, " katanya.

Seraya ditambahkannya, bahwa  dengan tujuan itu kami bertekad untuk menoreh prestasi dan tentunya membawa hadiah ke kampus dengan mendali. Kalau pada saat PIONIR pada tahun 2017 kita dapat 1 emas.  Paling tidak pada even kali ini kita bisa membawa 2 atau 3 mendaki emasi pada saat pulang nanti.

“ Saya berharap kepada kontinen STAIN Bengkalai tetap semangat dan optimisme untuk menggali potensi meraih prestasi Insha Allah kita juara. Sehingga apa yang kita harapkan bisa tercapai, Aamiin, " pungkas Wira. (SYAH)
  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.