• Home
  • Pendidikan
  • Momentum PBAK STAIN Bengkalis Dandim 0303 ajak Mahasiswa Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Semangat Bela Negara
Sabtu, 03 Agustus 2019 11:56:00

Momentum PBAK STAIN Bengkalis Dandim 0303 ajak Mahasiswa Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Semangat Bela Negara

BAGIKAN:
Syahrizal

PESISIRONE.COM, BENGKALIS – Pada pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis dihari kedua, Dandim 0303 Bengkalis menjadi salah satu narasumber, (03/08/2019).

Penyampaian yang dilaksanakan di Lapangan kasih sayang STAIN Bengkalis ini di isi oleh Dandim 0303 Bengkalis yang diwakili oleh Kapten Infantri Muhdoyo dengan materi tentang “Penguatan Nasionalisme dan Kewajiban Bela Negara Bagi Mahasiswa”, disambut baik dan antusias oleh mahasiswa.

Kegiatan yang dipandu oleh moderator Randi Wiranata, M.Si salah satu dosen STAIN Bengkalis ini berjalan dengan meriah sesuai dengan yang diharapkan. Dengan materi yang menggugah pikiran, mahasiswa tampak antusias dan semangat mengikuti detail pemaparan materi oleh Kapten Infantri Muhdoyo.

“Nasionalisme dalam arti sempit adalah sikap meninggikan dan membanggakan bangsanya sendiri diatas bangsa-bangsa yang lain.” Ungkap Kapten Infantri Muhdoyo.

Lebih lanjut Kapten Infantri Muhdoyo menerangkan bahwa bela negara sebagai bukti cinta kita terhadap tanah air.

“Sebagai seorang mahasiswa banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk patriotisme atau cnta tanah air. Salah satunya yakni belajar, bersikap sesuai dengan etike perkuliahan, dan mengisi waktu-waktu dengan hal-hal positif dan bermanfaat. Mencintai tanah kelahiran juga sebagai bentuk jiwa patriotisme, memelihara dan mencegah tanah kelahiran dari segala gangguang dan ancaman baik itu dari dalam maupun dari luar. Jadi seorang mahasiswa itu tidak membanggakan daerah atau bahkan negara lain dibanding negaranya sendiri.” Ungkapnya.

Disela-sela pemaparan materi, Kapten Infantri Muhdoyo menyelingi dengan ice breaking yang melatih sikap ketangkasan, kecepatan berfikir, dan kedisiplinan yang membuat materi yang disampaikan tampak asik dan pnuh keceriaan. Diakhir materi, diadakan sesi tanya jawab bagi mahasiswa kepada narasumber.

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.