• Home
  • Pendidikan
  • Memperkaya Wawasan Mahasiswa, STAIN Bengkalis Melalui HMJ Tarbiyah dan Keguruan Laksanakan Lomba Debat Ilmiah Pendidikan
Rabu, 16 Oktober 2019 09:46:00

Memperkaya Wawasan Mahasiswa, STAIN Bengkalis Melalui HMJ Tarbiyah dan Keguruan Laksanakan Lomba Debat Ilmiah Pendidikan

BAGIKAN:
Syahrizal

PESISIRONE.COM, BENGKALIS – Memperkaya wawasan keilmuan mahasiswa, STAIN Bengkalis melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah dan Keguruan laksanakan Lomba Debat Ilmiah Pendidikan dengan tema “Budaya dan Moderasi Beragama”, Rabu (16/10/2019).

Berlangsung di aula Alfarabi, kegiatan debat yang menusung tema “Budaya dan Moderasi Beragama” ini dibuka secara resmi oleh Plt. Wakil I Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Bengkalis, Dr. H. Saifunnajar, MH.

Turut hadir dalam acara pembukaan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Ika Kurnia Sofiani, S.Th.I, M.Pd.I, Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Asruari Misda, MA, Ketua dan seketaris prodi, Kepala P3M, Kepala UTIPD, para dosen, dan ratusan mahasiswa yang menjadi peserta dalam lomba debat ilmiah pendidikan.

Dalam sambutannya, Syarif selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 14 prodi yang ada di STAIN Bengkalis dan bertujuan untuk menumbuh kembangkan serta mengaktualisasikan bakat serta potensi yang dimiliki para mahasiswa.

Plt. Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Bengkalis, Dr. H. Saifunnajar, MH mewakili Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini.

“Debat merupakan salah satu upaya untuk melatih diri menjadi jiwa yang kritis, demokratis, dan humanis. Pesan kami kepada para mahasiswa agar mengikuti rangkaian lomba debat dengan baik, ambil ilmu dan pahami makna moderasi beragama, serta sampaikanlah argumen sesuai dengan literasi yang jelas.” Tuturnya.

Disamping itu, Saifunnajar juga berharap agar melalui kegiatan ini bisa membentuk pribadi mahasiswa yang kritis dalam menanggapi isu-isu yang terjadi pada saat ini.

Sementara itu, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Ika Kurnia Sofiani, S.Th.I, M.Pd.I saat diwawancarai mengatakan melalui lomba debat semoga mampu memperluas pemahaman mahasiswa mengenai moderasi beragama.

“Sesuai dengan tema yang diusung, melalui pelaksanaan lomba debat ini tidak hanya kompetisi antar prodi yang kita tekankan, namun bagaimana para mahasiswa dapat memahami dengan baik tentang moderasi beragama.” Ujarnya saat ditemui di depan Aula Alfarabi STAIN Bengkalis.

Acara pembukaan ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh Plt. Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Bengkalis, Dr. H. Saifunnajar, MH kepada tiga dewan juri dalam acara lomba debat ilmiah, yakni Kepala P3M STAIN Bengkalis, Dr. Imam Ghozali, M.Pd, Kepala UTIPD, Muhajir Darwis, M.Pd, dan ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Asruari Islam, MA yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.(Sy)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.