• Home
  • Pendidikan
  • Lomba Apresiasi Anak PAUD Dan Kompetensi Guru PAUD Prodi PIAUD STAIN Bengkalis Berlangsung Meriah
Sabtu, 30 November 2019 09:23:00

Lomba Apresiasi Anak PAUD Dan Kompetensi Guru PAUD Prodi PIAUD STAIN Bengkalis Berlangsung Meriah

BAGIKAN:
Syahrizal
Penampilan Fashion Show Anak TK, PAUD, KB, dan RA se-Kabupaten Bengkalis

PESISIRONE.COM, BENGKALIS – Tingkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis taja Lomba Apresiasi Anak PAUD dan Kompetensi Guru PAUD. Perlombaan diselenggarakan di Aula Alfarabi dan diikuti oleh PAUD, TK, KB, dan RA se-Kabupaten Bengkalis, Sabtu (30/11/2019).

Usung tema “Melejitkan Kualitas Guru dan Anak PAUD Melalui Kegiatan yang Kreatif”, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Ika Sofiani, S.Th.I, M.Pd.I dan dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Prodi PIAUD, Nurhaida Selian, M.Pd dan Desi Arpha, M.Pd, Ketua dan sekretaris prodi di lingkungan STAIN Bengkalis, para dosen, seluruh mahasiswa PIAUD dan ratusan peserta yang terdiri dari Bunda PAUD dan anak-anak PAUD se-Kabupaten Bengkalis.

Disampaikan oleh Ketua Prodi PIAUD, Nurhaida Selian, M.Pd bahwa kegiatan ini sebagai ajang meningkatkan kualitas anak dan Guru PAUD dalam proses belajar dan mengajar di sekolah. Beliau juga menuturkan bahwa pada mulanya kegiatan ini hanya ditujukan bagi dua kecamatan saja, yakni Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bengkalis, namun ternyata antusias dan keinginan dari PAUD-PAUD kecamatan lain sangat besar sekali, sehingga terdapat juga dari Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, Pinggir, Mandau, dan Rupat yang ikut mendaftarkan sekolahnya pada kegiatan ini hingga ruang lingkup kegiatan menjadi tingkat kabupaten.

“Lomba apresiasi anak PAUD merupakan ajang menunjukkan kebolehan, rasa percaya diri dan kedekatan antara anak dan orang tua, dalam hal ini terdapat dua lomba yakni Lomba fashion show yang diikuti 34 peserta usia 2-6 tahun. Peserta memakai pakaian dengan tema “Rekreasi” dan “Daur Ulang”. Selain itu juga terdapat lomba Vidio Marbel yang diikuti oleh 17 peserta yang merupakan lomba mengirimkan vidio belajar sambil bermain antara anak dan orang tua berdurasi 7 menit,” Ujarnya.

Nurhaida juga menyampaikan bahwa pada lomba kompetensi Guru PAUD diisi dengan dua perlombaan yakni cerdas cermat yang diikuti sebanyak 11 kelompok. Dalam hal ini setiap peserta harus menguasai kurikulum 13 PAUD, aplikasi dalam pembelajaran PAUD, dan menguasai pencapaian perkembangan anak PAUD. Selain itu juga terdapat lomba senam guru PAUD yang diikuti sebanyak 9 kelompok. Dalam hal ini setiap kelompok terdiri dari 6 orang yang akan menampilkan senam dengan durasi waktu selama 10 menit.

Sementara itu, saat membuka acara, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Ika Sofiani, S.Th.I, M.Pd.I menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Lomba Apresiasi Anak PAUD dan Kompetensi Guru PAUD.

Beliau juga mengatakan bahwa meskipun hal ini merupakan sebuah kompetisi, namun jangan fokuskan ia pada menang dan kalah, namun bagaimana seorang guru dan anak mampu menunjukkan kreatifitasnya. Melalui kegiatan ini juga beliau berharap mampu meningkatkan silaturahmi antar guru-guru paud yang ada di Kabupaten Bengkalis. (Sy)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.