• Home
  • Pendidikan
  • HMPS PAI STAIN Bengkalis Laksanakan Seminar Nasional Micro Teaching dan Media Pembelajaran
Selasa, 03 September 2019 11:08:00

HMPS PAI STAIN Bengkalis Laksanakan Seminar Nasional Micro Teaching dan Media Pembelajaran

BAGIKAN:
Syahrizal

PESISIRONE.COM, BENGKALIS – Guna memberikan pengetahuan dan mewujudkan sosok guru yang professional bagi mahasiswa, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) lewat Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAI selenggarakan Seminar Nasional Micro Teaching dan Media Pembelajaran dengan tema “Menjadi Guru Professional” di aula Alfarabi STAIN Bengkalis, Selasa (03/09/2019).

Seminar nasional dihadiri oleh Wakil Ketua I STAIN Bengkalis, Drs. H. Saifunnajar, MA, Kabag AUAK, H. Nasrun Harahap, MA, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, para dosen dan civitas akademika STAIN Bengkalis, dan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis. Acara juga dihadiri oleh tamu undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, dan perwakilan guru dari SMA Negeri, SMK Negeri, dan MAN se-Kecamatan Bengkalis.

Dimoderatori oleh salah satu dosen STAIN Bengkalis, Chanifuddin, S.H.I, M.Pd.I, seminar nasional HMPS PAI diisi oleh lima pemateri yakni H. Musa Ismail, M.Pd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAIN Bengkalis, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis, Ika Kurnia Sofiani, S.Th.I, M.Pd, Ketua dan Sekretaris Progam Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis, Dra. Robiah, M.Pd dan Supardi Ritonga, M.Pd.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Rahmadi menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dari program studi Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan lulusan dan calon guru yang professional, yang memiliki skill dan totalitas tinggi dalam mengemban tugas nantinya, baik sebagai guru, dosen, maupun pembicara.

Sementara itu, Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Drs. H. Saifunnajar, MA berikan apresiasi atas terlaksananya seminar nasional yang di taja oleh HMPS PAI ini.

“Sebuah kegiatan yang bagus dan bermanfaat bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis. Sebuah apresiasi dan penghargaan besar atas terselengaranya seminar nasional ini. Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang nya, melalui kegiatan ini berharap bisa menjadikan calon-calon guru lulusan Program Studi PAI STAIN Bengkalis dapat menjadi sosok guru maupun dosen yang professional nantinya.” Ungkap Saifunnajar.

Lebih lanjut Saifunnajar menerangkan tentang kompetensi materi PAI agar berisi pesan damai dari sekolah dengan konsep ajaran Rahmatan Lil'alamin. Dan terkait dengan micro teaching dan media pembelajaran, hendaknya wajib dikuasai oleh guru dan calon guru. Ia juga berharap agar kegiatan seminar seperti ini sering dilaksanakan sebagai pembelajaran bagi mahasiswa jurusan tarbiyah dan keguruan.

Pada rangkaian acara pembukaan seminar nasional, para pemateri dan narasumber diiring dan disambut menggunakan kompang dan pencak silat oleh mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam. Diakhir acara, Wakil Ketua I STAIN Bengkalis didampingi oleh Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan dan Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam berikan sertifikat penghargaan kepada H. Musa Ismail, M.Pd. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama.(SY)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.