Rabu, 19 September 2018 14:47:00

Wabup Said Hasyim Lantik 7 Penjabat Kades

BAGIKAN:
Wabup Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim saat memasang lencana kepada Pj Kades yang dilantik.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim, melantik jabatan 7 Penjabat (Pj) Kepala Desa di Kepulauan Meranti. Pelantikan dilaksanakan di gedung orange Kantor Bupati Meranti, Rabu pagi (19/9/2018).

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Asisten I Setdakab Meranti Drs Jonizar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs Ikhwani, Camat Tebingtinggi Helfandi SE MSi, Camat Rangsang Drs Tunjiarto dan Camat lainnya, Para Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Meranti, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Seperti dijelaskan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Meranti, Drs Ikhwani, sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Kepulauan Meranti, Pj Kades yang dilantik ini akan memangku jabatan paling lama 1 tahun atau hingga ditetapkannya Kepala Desa defenitif di wilayah masing-masing.

Menyikapi pelantikan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim mengucapkan selamat kepada PNS yang dipilih dan ditugaskan oleh Kepala Daerah sebagai Pj Kades. Menurutnya Pj Kades memiliki tugas utama yang cukup berat.

Ditegaskan Wabup adalah Pj Kades sebagai Pamong yang menyandang tugas berat harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan Profesional. Kades harus berada ditempat 24 jam, sehingga Kades dapat menuntaskan segala permasalahan yang terjadi diwilayahnya.

""Tugas utama Pj Kades adalah mempersiapkan pemilihan Kepala Desa defenitif, menjalankan Pemerintahan Desa sebagaimana yang diamanahkan oleh masyarakat dan Perundang-Undangan, membina masyarakat menjadi sejahtera bersama seluruh komponen yang ada, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat termasuk mengantisipasi gejolak dan kebakaran hutan dan lahan," ujar Wabup.

Tugas lain yang tak kalah pemting adalah mengawal sukseskan Pilpres dan Pileg 2019 diwilayahnya dengan memastikan masyarakat dapat melaksanakan hak pilihnya. Yang cukup unik adalah memastikan dapur masyarakat bisa berasap setiap hari.

Kades harus mengetahui semua data dan permasalahan yang terjadi diwilayahnya, seperti jumlah penduduk, Infrastruktur, jumlah sekolah, masjid, masyarakat miskin, jumlah ibu melahirkan, jumlah balita, kondisi kesehatan masyarakat dan lainnya.

"Laksanakan tugas dengan baik dengan melayani masyarakat sampai dapur masyarakat berasap pun Kades wajib tahu," ucapnya.

Untuk itu Wabup meminta Kades dapat bekerja sama dengan semua komponen yang ada, guru, RT/RW, tokoh masyarakat/pemuda dan lainnya. Tanpa itu tugas berat tersebut akan sulit diselesaikan. Dan bukti keberhasilan seorang Pamong dalam menjalankan roda pemerintahan menurut Wakil Bupati cukup sederhana salah satunya, jika dipindahkan masyarakat setempat merasa kehilangan dan sedih, itulah menurutnya tugas Pamong yang sesungguhnya.

Meski begitu, Wabup juga mewanti-wanti kepada Pj Kades untuk mengelola dana desa dengan efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena sesuai intruksi Presiden RI, pengawalan penggunaan dana ini sangat ketat, bukan saja oleh aparat keamanan tapi juga oleh lembaga sosial maayarakat dna pihak lainnya.

"Saya ingatkan hati-hati dalam menggunakan dana desa, karena jika tidak akan berhadapan dengan hukum, dan resiko tanggung sendiri," pungkas Wabup.

Adapun secara rinci Pj Kepala Desa yang dilantik adalah sebagai berikut :

1. Pj Kepala Desa Telesung Kecamatan Rangsang Pesisir, Syaherullah, SIp

2. Pj Kepala Desa Kuala Merbau Kecamatan Pulau Merbau, Atan Ibrahim

3. Pj Kepala Teluk Samak Kecamatan Rangsang, Abdul Gani

4. Pj Kepala Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat, Abu Hasan

5. Pj Kepala Desa Nipah Sendanu Kecamatan Tebingtinggi Timur, Saripuddin

6. Pj Kepala Desa Pelantai Kecamatan Merbau, Amuniruddin

7. Pj Kepala Desa Kundur Kecamatan Tebingtinggi Barat, Miswanto(rls)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.