Rabu, 07 November 2018 14:00:00

Sidak Kantor OPD, Sekda Sebut Hal Begini Dapat Menghambat Proses Pelayanan Publik

BAGIKAN:
Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis dan rombongan saat melakukan sidak di Disdukcapil Kepulauan Meranti.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa kantor OPD, Rabu (7/11/2018). Tempat pertama yang menjadi sorotan Sekda yakni, OPD yang prioritas sebagai pelayanan publik.

Sidak Sekda didampingi Asisten III Setda Kepulauan Meranti Drs Rosdaner MSi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Drs Ikhwani, Kepala Disdukcapil Drs Hariyandi, Kepala Dinas Disparpora Rizki Hidayat MSi.

BPMPD, lokasi pertama yang kunjungi Sekda. Ia langsung melakukan peninjauan ke seluruh ruangan untuk memastikan kinerja pegawai. Untuk melihat kedisiplinan pegawai, Sekda bersama mengecek absensi pegawai satu persatu dan meminta Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) untuk mengambil absensi sebagai bahan evaluasi.

Seiring pengecekan, Sekda menekankan kepada seluruh ASN maupun Honorer agar melaksanakan tugas sesuai tupoksi yang telah diberikan oleh pimpinan. Hal itu perlu penegasan, karena acap kali ia mendapati ruangan pegawai kosong saat pimpinan tidak ada ditempat.

Menurutnya jika hal itu terus terjadi, otomatis dapat menghambat proses pelayanan kepada masyarakat. Apalagi untuk Satuan Kerja yang fokus dibidang pelayanan seperti Didukcapil, Penanaman Modal, Pendidikan dan lainnya.

"Saya minta kepada seluruh pegawai tetap berada di kantor dan menjalankan tugas seperti biasa. Jangan sampai ketika pimpinan tidak ada pegawai dibawahnya juga tidak ada," ujar Sekda mengingatkan.

Setelah BPMPD, Sekda meneruskan ke Disdukcapil untuk melihat proses permohonan pembuatan KTP dan KK. Disamping melihat pelayanan yang dilakukan pegawai, ia juga melakukan dialog dengan masyarakat terkait seberapa baik pelayanan yang diberikan.

"Bagaimana proses pelayanan pembuatan KTP-nya, sudah memuaskan belum?," tanya Sekda kepada salah sorang warga.

Jawaban warga cukup membuat Sekda senang. "Sudah cukup baik Pak..,"ujar warga itu.

Selain itu, hal menjadi perhatian Sekda adalah kondisi gedung dan fasilitas pendukung operasional pegawai dimasing-masing OPD Seperti kondisi ruangan, AC, komputer, listrik, wc dan mobiler.

Menurutnya hal itu cukup penting karena berkaitan dengan kenyamanan dan kinerja pegawai sebagai pengguna ruangan dan fasilitas.

"Kalau sudah tidak nyaman tentu pegawai tidak akan betah diruangan, dan lagi-lagi pelayanan akan terkendala," ucap Sekda.

Sekedar informasi, sidak Sekda Yulian Norwis di beberapa OPD kali ini, diantaranya BPMPD, Disdukcapil, Disparpora, dan Disdikbud.

Dari hasil Inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Sekda, absensi kehadiran sudah cukup baik begitu juga dalam hal kinerja dan pelayanan .Meski begitu masih ditemui juga ASN dan Honorer yang membandel.

Namun, untuk masalah ini Sekda sudah meminta Bagian Ortal untuk mengambil rekap absen sebagai bahan evaluasi pemberian sanksi sesuai aturan yang berlaku.(mad)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.