Jumat, 21 September 2018 15:23:00

Sekda Harap Tim Saber Pungli Dapat Mencegah Berantas Pungli di Meranti

BAGIKAN:
Rapat koordinasi pembentukan tim saber pungli di kepulauan Meranti.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, memimpin rapat Koordinasi Saber (Sapu Bersih) Pungli (Pungutan Liar) Kabupaten Meranti. Kegiatan yang bertujuan untuk pembentukan Tim Saber Pungli dalam rangka pemberantasan pungutan liar di Kepulauan Meranti itu di Aula Kantor Bupati Meranti, Jumat (21/9/2018).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Asisten III, Drs Rosdaner, Wakapolres Kepulauan Meranti, Kompol Irmardison, Kepala Bagian Hukum Setdakab Meranti, Sudandri SH, Perwakilan Kejari Meranti, Danramil Selatpanjang, Forkopimda, Jajaran Pejabat Eselon II, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti, Hery Saputra SH, Para Camat se-Kabupaten Meranti dan lainnya.

Seperti dijelaskan oleh Kepala Bagian Hukum Sekda Meranti Sudandri SH, kegiatan rapat Koordinasi Saber Pungli yang dilaksanakan ini merupakan yang pertama kali sebagai tindak lanjut dikeluarkannya Perpres No 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Saber Pungli. Serta Intruksi Mendagri No 180/3965/55 Tentang Pengawalan Pungli Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Selanjutnya Pemkab Meranti bersama instansi terkait melakukan pembentukan Satuan Tugas Saber Pungli Kepulauan Meranti sesuai SK Bupati 246.1/HK/KPTS/III/2018 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Saber Pungli Meranti.

Tim Saber Pungli ini terdiri dari Instansi Lembaga/OPD/Kapolres, Kejari, yang berkerjasama secara terkoordinasi dalam pemberantasan Pungli di Kepulauan Meranti. Untuk penanggung jawab Saber Pungli adalah Bupati Kepulauan Meranti dan Ketua Tim Saber Pungli Wakapolres Meranti.

Menyikapi hal tersebut Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, berharap dengan adanya Tim Saber Pungli Meranti, yang memiliki tugas dan wewenang melaksanakan pencegahan dan pemberantasan pungli dengan mengoptimalkan personil, sarana prasarana dan satuan kerja yang ada di Kepulauan Meranti.

Selain itu dapat mengantisipasi praktek Saber Pungli yang dilakukan oleh masyarakat maupun oknum Pemerintah, sehingga apa yng diharapkan yakni birokrasi yang bersih dan profesional serta mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dapat diwujudkan.

Tim Saber Pungli Kepulauan Meranti memiliki kewenangan melakukan pencegahan dan pemberantasan pungli di lingkup Kepulauan Meranti termasuk melalukan operasi tangkap tangan, memberikan rekomendasi pada Bupati untuk sanksi pelaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sekedar informasi, rakor Saber Pungli yang digelar kali ini merupakan yang pertama kali, kedepan akan dilanjutkan dengan Rakor lainnya untuk memperkuat koordinasi dan peran Tim Saber Pungli tersebut yakni menciptakan birokrasi yang bersih di Kepulauan Meranti.(rls)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.