Selasa, 02 Oktober 2018 15:47:00

Sekda Harap LEM Mampu Menjadi Motor Penggerak Usaha Ekonomi Desa

BAGIKAN:
Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis saat memberikan kata sambutan dalam pertemuan kegiatan sosialisasi lembaga ekonomi masyarakat (LEM) tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM membuka pertemuan Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat membentuk LEM yang mampu menjadi motor penggerak usaha ekonomi Desa.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung orange Kantor Bupati, Selasa (2/9/2018) dihadiri Staf Ahli, M Arif, Drs Said Asmaruddin, Drs Askandar, Asisten II, Drs Syamsuddin, Penyuluh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Riau, Logo Siregar, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kepulauan Meranti, Ir Prasetyo, Ketua Komisi A DPRD Meranti, Edy Masyudi SPdi MPdi, Kasubag Data dan Informasi Kementan RI, Yanuar Arianto, Sekretaris Dinas Perkebunan Meranti, Drs Widodo, serta para Peserta LEM Desa.

Sekda sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu untuk menggerakan ekonomi berbasis Pertanian, Perkebunan, Perikanan di Pedesaan. Menurutnya keberadaan LEM Desa sangat strategis dalam menumbuh kembangkan usaha Pertanian, Perkebunan ditingkat Desa.

"LEM sangat strategis karena jika pengembangan usaha pertanian dilakukan sendiri tidak akan maksimal, jadi perlu dilakukan secara kelembagaan, dan ini merupakan salah satu usaha kita dalam menggerakan ekonomi Desa," jelas Sekda.

Salah satu harapan Sekda, yang butuh peran Lembaga LEM untuk mewujudkannya adalah, Usaha Ekonomi Masyarakat di Desa Gogok yang saat ini sedang mengolah pupuk pertanian.

"Saya berharap tahun ini dapat terbentuk Lembaga LEM di Desa Gogok, yang mampu mendorong berdirinya Pasar Tani atau Centra Penjualan Produksi Pertanian," harapnya.

Dengan begitu, melalui LEM ini diyakini akan dapat mengembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa menjadi lebih besar lagi yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa.

"Melalui lembaga ekonomi inilah kita bisa mengerakan usaha eknomi masyarakat mulai dari pengembangan produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Saya harap lembaga ini benar-benar produktif dalam memggerakan roda ekonomi di Pedesaan," ujarnya lagi.

Demi suksesnya LEM di Meranti dalam mendorong peningkatan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa, Sekda berharap bimbingan dari Pemeringa Provinsi Riau. Selain itu juga peran Perbankan dalam membantu dibidang permodalan.

"Kita harapkan juga bimbingan dari Pemerintah Provinsi dan dukungan pihak Perbankan dalam membantu permodalan," pungkasnya.

Sementara Penyuluh Dinas Tanaman Pangan Hortikultuta Provinsi Riau, Logo Siregar menyebutkan, kegiatan Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti akan berorientasi terhadap kegiatan usaha tani yang terpadu dan terintegrasi ditingkat Desa. Kata dia, ini merupakan program Ditjend Kementrian Pertanian RI yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau tahun 2018 melalui tugas Pembantuan.

Kegiatan diawali dengan kegiatan sosialisasi tingkat Provinsi Riau terhadap dua Kabupaten terpilih yakni Kepulauan Meranti dan Indra Giri Hilir. Selanjutnya seleksi tim fasilitator Provinsi dan Kabupaten untuk dilakukan Bimbingan Teknis kepada Fasilitator yang telah direkrut. Terakhir barulah dilakukan pembentukan LEM di Kabupaten dan Desa.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi terhadap Lembaga Ekonomi Masyarakat yang akan dibentuk di Desa. Sehingga benar-benar berfungsi maksimal dalam menumbuh kembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa khususnya dibidang Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura," sebutnya.(rls)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.