• Home
  • Pemerintah Daerah
  • Hari Cuci Tangan Sedunia, Sekda Yulian Norwis Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Bersih
Senin, 05 November 2018 11:55:00

Hari Cuci Tangan Sedunia, Sekda Yulian Norwis Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Bersih

BAGIKAN:
Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, Kepala Dinas Kesehatan dr Ruswita dan rombongan lainnya saat menggerakkan Hari Cuci Tangan Sedunia di Kecamatan Tebingtinggi Timur.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM mengajak masyarakat membudayakan hidup bersih. Upaya ini dilakukan guna peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr Roswita dan Kabag Kesra Drs Husni Gamal beserta rombongan dalam kegiatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang digelar di Kecamatan Tebingtinggi Timur, Senin (5/11/2018).

Menurut Sekda, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, namun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat semua itu tidak akan tercapai. Dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri, dengan tidak mengkonsumsi narkoba, minum minuman beralkohol, selalu makan makanan yang sehat.

"Budayakan cuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan. Dengan penerapan pola hidup sehat tersebut diharapkan kedepan masyarakat Meranti semakin sehat dan daerah semakin maju," sebut Sekda.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan, Sekda Yulian Norwis meminta kepada seluruh Jajaran Puskemas Desa Sungai Tohor untuk berpartisipasi aktif membudayakan hidup sehat dengan cuci tangan kepada masyarakat.

"Saya minta kepada pihak Puskemas dan jajaran untuk berpartisipasi aktif mensosialisasikan prilaku hidup sehat secara masif hingga ke pelosok Desa, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Meranti dapat meningkat," ucap Sekda lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr Roswita menjelaskan, Hari Cuci Tangan selalu dirayakan setiap tanggal 15 Oktober. Kegiatan ini terus diperingati untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya membudayakan hidup bersih dan sehat.

Penilaian dari Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti untuk wilayah Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Barat, kualitas kesehatan masyarakat sudah cukup baik. Selain itu untuk pelaksanaan program Imunisasi MR mencapai persentase tertinggi dibandingkan desa lainnya.

"Dengan prestasi itu Desa Sungai Tohor keluar menjadi juara I Lomba Pola Hidup Besih dan Sehat," kata Ruswita.

Lebih jauh disampaikan Sekda, dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan Imunisasi MR, agar terhindar dari penyakit campak.

Selain itu, dikatakan Sekda, dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat Pemkab Meranti akan membangun Puskesmas Perawatan ditiap Kecamatan. Sehingga masyarakat yang sakit dapat memperoleh penanganan awal sebelum dirujuk kerumah sakit jika diperlukan.

Kegiatan sosialisasi Cuci Tangan ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama sempena perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia yang dilanjutkan dengan melaksanakan senam sehat bersama.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Sungai Tohor dr Ahmad Manguli, Sekcam Tebingtinggi Timur Saripudin, Kepala Desa Sungai Tohor Efendi, Ketua TP PKK Hj Azizah SPd dan seluruh siswa sekolah dasar sungai tohor.(mad)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.