• Home
  • Pemerintah Daerah
  • Agar Tak Bermasalah Dengan Hukum, Wabup Said Hasyim Minta OPD Pahami Administrasi Pengelolaan Keuangan
Senin, 19 November 2018 16:23:00

Agar Tak Bermasalah Dengan Hukum, Wabup Said Hasyim Minta OPD Pahami Administrasi Pengelolaan Keuangan

BAGIKAN:
Wabup Kepulauan Meranti, Said Hasyim memberikan pemaparan kepada pejabat OPD, Kecamatan, dan Desa dalam kegiatan Asistensi Objek Pemeriksaan di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus gencar meningkatkan kualitas kinerja jajarannya agar lebih optimal. Salah satunya dalam mengatur administrasi pengelolaan keuangan.

Hal itu sebagaimana ditegaskan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim dalam kegiatan Asistensi Objek Pemeriksaan di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang digelar di ballroom Afifa Sport Center, Jalan Banglas, Senin (19/11/2018).

Ia meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa mengatur administrasi pengelolaan keuangan dengan baik. Sebab, Ia tidak ingin PNS tersangkut dengan masalah hukum akibat tidak mengerti dalam pengelolaan tersebut.

"Jika tidak paham masalah administrasi keuangan Kades bisa berkonsultasi dengan Camat, dan untuk Dinas bisa bertanya kepada Kepala Dinas dan Kepala Badan," kata Wabup Said Hasyim.

Menurut Wabup, tujuan asistensi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Kepala OPD, Camat dan Kades dalam membuat pertanggungjawaban kinerja keuangan yang telah dilakukan.

"Kita tidak mau lagi ada ASN yang berhadapan dengan hukum karena tidak bisa mempertanggungjawabkan kegiatan yang dilaksanakan," ucapnya.

Wabup Said Hasyim mengungkapkan, konsekuensi seorang pejabat dituntut harus tahu masalah administrasi keuangan dan pertanggungjawabannya. Salah satu yang penting adalah kewajiban membayar pajak setelah kegiatan selesai dilaksanakan.

"Jangan sampai ditunda-tunda, karena akan menimbulkan masalah. Begitu terima uang dan selesai belanja, langsung lakukan penyetoran pajak," tegas Said Hasyim.

Tak lupa Wabup Said Hasyim juga menyampaikan kegiatan Asistensi ini juga dapat menjadi ajang saling mengingatkan dan diskusi terkait kendala penggunaan anggaran keuangan Pemda oleh OPD, Kecamatan, dan Desa.

"Kalau ada kejanggalan minta Inpektorat melakukan pemeriksaan ulang agar bisa dibina sebelum dilakukan pemeriksaan oleh aparat penegak hukum," jelas Wabup.

Andaipun ada informasi sebelum dilakukan pemeriksaan oleh aparat penegak hukum, Wakil Bupati meminta dapat mengkoordinasikannya dengan Inspektorat untuk dilakukan pembinaan.

Dengan begitu dia berharap tidak ada lagi temuan di OPD, Kecamatan maupun Desa.

"Uang itu harus dipertanggungjawabkan. Jangan lupa setiap rupiah uang yang digunakan harus jelas SPJ dan laporan pertanggungjawabannya," pungkas Wabup.

Sementara pihak Inspektorat Kepulauan Meranti menyampaikan tujuan dari kegiatan Asistensi itu merupakan kegiatan yang digelar pihaknya untuk meningkatkan kualitas pengawasan Internal dan peningkatan jaminan mutu pengawasan APIP.

Hal ini dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah. Bagi OPD, Kecamatan, dan Desa dapat menindaklanjuti hasil pemeriksaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti Rosdaner, Kepala Inspektorat Kepulauan Meranti Drs Suhendri MSi, Kepala Dinas dan Badan, Kepala Bagian, Camat serta Kades/Lurah dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.(adv)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.