• Home
  • Pemerintah Daerah
  • Agar Parpol Berkompeten Memahami Aturan, KPU Meranti Sosialisasi Kampanye Tahun 2019
Rabu, 19 September 2018 13:59:00

Agar Parpol Berkompeten Memahami Aturan, KPU Meranti Sosialisasi Kampanye Tahun 2019

BAGIKAN:
Rahmad
Komisioner KPU Keluar Meranti, Yusli SE saat sosialisasi memaparkan ketentuan dalam berkampanye.

SELATPANJANG, PESISIRONE.COM - Komisi Pemilihan Pemilu (KPU) Kepulauan Meranti menggelar sosialisasi kampanye pemilu tahun 2019, di ballroom Grand Meranti Hotel, Jalan Kartini, Selatpanjang, Rabu (19/9/2018). Sosialisasi melibatkan seluruh parpol peserta pemilu agar berkompeten memahami aturan yang ditetapkan.

Sosialisasi yang disampaikan sesuai PKPU No 23 tahun 2017 yang telah diubah menjadi PKPU No 28 tahun 2018. Tentang kampanye pemilu 2019 ke pemangku kepentingan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid mengatakan, bahwa tahapan kampanye Pemilu 2019 akan dimulai dari tanggal 23 September 2018.

"Insya allah mulai tanggal 23 September, menurut tahapan partai politik dan kandidat sudah bisa melaksanakan kampanye. Untuk tahapan kampanye, materi, bentuk kampaye serta ukuran dan bahan alat peraga kampanye diatur oleh PKPU," ungkapnya.

Untuk alat peraga kampanye, lanjut Abu Hamid, KPU hanya memfasilitasi pemasangan alat peraga kampaye dengan mengatur tempat pemasangannya.

"Kita harap peserta pemilu dapat bersama-sama memahami PKPU tentang kampanye yang disosialisasikan ini agar terhindar tindakan pelanggaran kampanye," imbuhnya.

Komisioner KPU Kepulauan Meranti bidang Divisi SDM dan Parmas, Yusli SE menyampaikan beberapa ketentuan yang diperbolehkan dan yang dilarang dalam kampanye. Dimana, beberapa hal yang terkait kampanye di antaranya, pertemuan-pertemuan, pemasangan alat peraga, penyebaran bahan kampanye, dan lain sebagainya.

"Sosialisasi segala aturan kampanye kita sampaikan kepada parpol peserta pemilu. Semua itu diatur sehingga tidak memunculkan persoalan. Sementara untuk terkait pengawasan nantinya wewenang bawaslu," katanya dalam pemaparan dihadapan seluruh parpol peserta.

Dalam sosialisasi tersebut, KPU Kepulauan Meranti menggandeng Pemda, Polres, Bawaslu, dan stakeholder lainnya yang berkompeten dalam kampanye.

Komisioner KPU Meranti itu juga menjelaskan salah satu wewenang Pemda Kepulauan Meranti dalam pelaksanaan kampanye. Hal itu terkait lokasi pemasangan alat peraga, ditetapkan oleh Kepala Daerah.

"Tata ruang dalam pelaksanaan kampanye ini milik daerah. Bukan ditetapkan tetapkan oleh KPU dan peserta parpol," ucap Yusli.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, Komisioner KPU, Yusli SE beserta jajarannya, Bawaslu, seluruh parpol peserta pemilu, perwakilan Polres Kepulauan Meranti, TNI, dan stakeholder lainnya.(mad)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.