• Home
  • Nasional
  • Wabup Said Hasyim Hadiri Rakernas Akuntansi dan LK dari Kemenkeu RI di Jakarta
Kamis, 20 September 2018 12:51:00

Wabup Said Hasyim Hadiri Rakernas Akuntansi dan LK dari Kemenkeu RI di Jakarta

BAGIKAN:
Wabup Said Hasyim saat menghadiri Rakernas Akuntansi dan LK dari Kemenkeu RI di Jakarta

JAKARTA, PESISIRONE.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 dengan tema " Pengelolaan Keuangan Negara yang sehat untuk Indonesia Kuat" di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI Jakarta, Kamis (20/9/2018) pagi.

Wabup didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM serta Kabid Akuntansi dan Pelaporan Keuangan BPKAD Kabupaten Kepulauan Meranti Erry Yoserizal SE. Rakernas yang diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Kota se-Indonesia itu, dibuka secara resmi oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati.

Dalam pidatonya Menteri Keuangan RI, berharap tercipta sinergitas antara Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menerapkan akuntansi dan pelaporan keuangan berbasis aktual dan juga bisa memberikan hal yang terbaik dalam administasi apapun.

"Tujuannya agar pelaporan keuangan itu menjadi baik, efisien dan tertata dengan baik. Oleh karena itu, saya mengajak kepada para akuntan yang hadir agar bisa membuat pelaporan keuangan itu bisa lebih baik lagi kedepannya," ujar Sri Mulyani.

Menyikapi petunjuk dari Pemerintah Pusat itu, Wabup mengaku sangat mendukung penerapan sisten Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual. Yang sejak beberapa tahun terakhir telah dijalankan oleh Pemkab Meranti.

Alhasil berkat pelaporan keuangan yang Akuntabel, Pemerintah Kepulauan Meranti berhasil mengantarkan Kabupaten termuda di Riau ini meraih WTP 6 kali berturut - turut. Kedepan Wabup berharap Pemkab Meranti akan meraih award berupa bantuan keuangan dari Kementrian Keuangan RI.

"Bahkan kami insyallah siap mendukung sekali program yang diterapkan Menkeu untuk Pemda se- Indonesia, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti tentang akuntansi dan pelaporan keuangan tahun 2018 untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya," papar Said Hasyim.

Tak lupa Wabup memberikan apresiasi kepada Kabupaten Siak yang meraih penghargaan, karena berhasil mempertahankan WTP-nya 5 kali berturut-turut dari tahun 2013-2017. Perhargaan diberikan oleh Menteri Keuangan kepada perwakilan Pemkab Siak di Jakarta.

"Selamat kepada Pemkab Siak yang meraih penghargaan dari Kementrian Keuangan RI," kata Wabup.

Kedepan penghargaan serupa diyakini oleh Wabup akan diraih pula oleh Pemkab Meranti. Yang notabene telah meraih predikat WTP dari BPK RI sebanyak 6 kali berturut-turut.

"Yang jelas, kita harus optimis kedepannya bagaimana kita mendapatkan penghargaan ini. Perlu kerja yang matang, kerja keras dan bertanggung jawab," ujarnya.

Demi mengejar reward tersebut, iapun berharap kepada seluruh pimpinan OPD dan jajarannya agar bisa memberikan yang lebih terbaik lagi dalam pelaporan keuangan dan akuntansinya.

Sekedar informasi, acara tersebut dihadiri, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Menteri Perekonomian, Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Keuangan, Dirjen Perbendaraharaan Marwanto Harjowiryono, Dirjen Anggaran, Deputi Kesehatan, Deputi Pupera, , Gubernur se Indonesia atau perwakilan dan seluruh Bupati / Walikota se - Indonesia atau yang mewakili. (adv)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.