• Home
  • Nasional
  • STAIN Bengkalis Taja Seminar Internasional Tentang Pemanfaatan Radar Furuno X Band
Selasa, 03 Maret 2020 21:34:00

STAIN Bengkalis Taja Seminar Internasional Tentang Pemanfaatan Radar Furuno X Band

BAGIKAN:
Ony
Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar Saat Membuka Secara Resmi Seminar Internasional Tentang Pemanfaatan Radar Furuno X Band

BENGKALIS, PESISIRONE.com - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis Taja Seminar Internasional tentang pemanfaatan Radar Furuno X Band untuk pemantauan atau monitoring curah hujan dan penyebaran kabut asap di daerah Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya, di lantai 3 gedung rektorat STAIN Bengkalis, jalan Lembaga, Bengkalis, Propinsi Riau, Selasa (3/3/20).

Ketua Panitia seminar Wira Sugiarto, SIP, MPd.I menyampaikan bahwa seminar internasional tersebut merupakan kerja sama STAIN Bengkalis  dengan pusat teknologi pengembangan sumber daya wilayah BPPT, RIHIN, CSEAS Kyoto Univercity, Pemkab Bengkalis dan STAIN Bengkalis.

Kemudian Ketua STAIN Bengkalis, Prof Dr Samsul Nizar, M.Ag memberikan apresiasi kepada para pihak sehingga STAIN Bengkalis diberikan amanahNya untuk selenggarakan seminar internasional terkait pemanfaatan Radar Furuno X Band sekaligus juga Kampus STAIN Bengkalis diberikan hibah Radarnya dari Kyoto University.

Secara khusus Plt Bupati Bengkalis H. Muhammad, ST, MT dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III, menyampaikan selamat datang kepada semua pihak yang mensukseskan acara seminar dan bantuan hibah radar Furuno X Band kepada STAIN Bengkalis, mudah mudahan membawa manfaat yang besar bagi pembangunan dan strategi penanganan dan pencegahan kabut asap akibat karlahut di Kabupaten Bengkalis.

" Besar harapan kami (pemerintah kabupaten Bengkalis, red), melalui seminar ini akan menghasilkan rekomendasi - rekomendasi dalam melakukan penanganan berkurangnya  curah hujan dan kabut asap akibat tingginya potensi kebakaran hutan dan lahan di lahan gambut di Kabupaten Bengkalis, " tegasnya..

Hadir secara langsung dalam seminar tersebut Plt. Bengkalis H. Muhammad, ST, MT yang diwakili Asisten III Drs H. T. Zainuddin, MSi, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Khairul Umam, Kodim 0303 Bengkalis Kalaksa BPBD Kab. Bengkalis, Ir. Tajul Mudaris, Ketua LAM Sopyan Said, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Pejabat Lingkup Pemkab Bengkalis, dan akademisi.

Pembicara dalam seminar tersebut adalah I Dewa Gede Arya Putra, S.Tr, M.Si dari Puslitbang BMKG, Awaluddin, S.Pi, M.Si dari BPPT, Dr. Osamu Kosan, Dr. Mariko Ogawa dari Center for Sourtheast Asian Studies (CSEAS) Kyoto University, Japan, Prof. Marabu Yamanaka dari Research Institute for Humannity and Nature (RIHIN), dan Dr. Albert Sulaiman dari BPPT.

Sedangkan moderator dalam giat tersebut adalah Dr. Arief Darmawan dan Dr. Albert Sulaiman.

Sesaat belum selesai giat seminar tersebut, panitia mengajak peserta dan pembicara seminar naik ke lantai atas gedung rektorat STAIN Bengkalis untuk laksanakan pengguntingan pita dan pelepasan balon oleh Asisten III sebagai tanda mulai beroperasinya Radar Furuno X Band di STAIN Bengkalis. (red)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.