• Home
  • Nasional
  • Ketua PC GP Ansor Bengkalis Dorong pemuda temukan potensi ekonomi kreatif di desa
Selasa, 31 Desember 2019 16:17:00

Ketua PC GP Ansor Bengkalis Dorong pemuda temukan potensi ekonomi kreatif di desa

BAGIKAN:
Istimewa

PESISIRONE.COM, BENGKALIS – Untuk meningkatkan kapasitas pemuda di desanya, Pemerintah Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis lewat Bidang Kepemudaan dan Olahraga laksanakan Pelatihan Kepemudaan Tingkat Desa, Selasa (31/12/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Wonosari ini merupakan suatu upaya bagi Pemerintah Desa Wonosari untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dibidang kepemudaan.

Dengan mengusung tema  “Revolusi Industri 4.0, Serta Mengejar Ketertinggalan”, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Desa Wonosari Timur Wahyu Tri Cahyadi, Amd dan dihadiri oleh Ketua LKMD Kusmayadi dan seluruh peserta pelatihan serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Wahyu mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa juga memiliki tanggung jawab dalam mengatasi masalah yang terjadi pada pemuda, salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan dalam meningkatkan keterampilan kerja.

“Marilah kita secara bersama-sama bahu membahu sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia yang ada di desa kita ini,” ajaknya.

Dalam kesempatan ini juga, Waket III STAIN Bengkalis sekaligus ketua PC GP Ansor Bengkalis Wira Sugiarto, S.IP. M.Pd.I mengatakankan bahwa di era revolusi industri 4.0 ini pemuda harus cerdas dalam menggunakan teknologi dan informasi serta pandai dalam menyampaikan informasi.

“Dalam dunia teknologi informasi yang kita rasakan saat ini dapat memberikan peluang bagi kita dalam berkreasi serta inovasi dalam mengejar ketertinggalan, sekarang ini kita tau bahwa era revolusi industri 4.0, akan dapat memberikan perubahan kepada kita semua apabila kita mampu merubah mindset kita, yaitu dengan cara belajar menguasai teknologi informasi tersebut " Tutur Wira.

Disampaikan olehnya bahwa hidup di era revolusi industri 4.0 ini sungguh tidak mudah, kita harus mampu bersaing dengan masyarakat dunia dalam berbagai hal, baik di bidang ekonmi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus, pemuda harus mampu mengolah ekonomi kreatif yang mana dengan cara mengolah sumber daya yang sudah ada menjadi sumber pendapatan masyarakat. Beliau juga menegaskan bahwa salah satu hal yang penting dalam membangun desa yaitu adanya sinergitas yang kuat antara pemerintah desa dan pemuda.

Lebih lanjut Billy Yanis Saputra, SE, MM Bendahara DPD KNPI Kabupaten Bengkalis, saat menyampaikan materi mengatakan bahwa Banyak hal yang dapat kita gunakan di era digital sekarang ini, kita harus memanfaatkan peluang dan potensi yang kita miliki.

Tidak hanya itu, Billy juga mengatakan bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, pemuda harus mampu memanfaatkan dunia teknologi informasi, peluang dari sektor konsumtif dan juga produktif.(Sy)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.