• Home
  • Nasional
  • Jadi Narasumber Pada Webinar Online, Ketua STAIN Bengkalis : Mahasiswa Jangan Sampai Kehilangan Jati Diri
Kamis, 21 Mei 2020 16:12:00

Jadi Narasumber Pada Webinar Online, Ketua STAIN Bengkalis : Mahasiswa Jangan Sampai Kehilangan Jati Diri

BAGIKAN:
Istimewa

Bengkalis  – Setelah sukses menyelenggarakan seminar nasional dengan menggunakan sistem daring pada 7 Mei lalu dalam upaya memperingati hari pendidikan nasional (2 Mei). Kini STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara atas inisiasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Al Ittihadiyah Provinsi Sumatera Utara melaksanakan seminar yang kini lazim dengan sebutan Webinar untuk memperingati hari kebangkitan nasional, kamis (21/05/2020).

Kegiatan Webinar kali ini diisi oleh Dr. H. Lukman Hakim, M.Si selaku Ketua Umum DPP Al Ittihadiyah (sekaligus Staf Ahli Wakil Presiden RI), Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd. selaku Ketua Umum DPW Al Ittihadiyah (sekaligus merupakan Wakil Rektor 1 UIN Sumatera Utara Medan), Prof. Dr. H. Syamsul Nizar, M.Ag (Ketua STAIN Bengkalis, Riau) dan Dr. H. Mesiono, S.Ag, M.Pd selaku Ketua Umum PERMA PENDIS Indonesia–Wilayah Sumatera Utara (sekaligus merupakan Sekretaris Umum DPW Al Ittihadiyah SUMUT).

Menurut penuturan Dr. Salminawati, M.A., selaku moderator dalam kegiatan Webinar, bahwa “kegiatan ini merupakan ejawantah dari ide brilian pengurus DPW Al Ittihadiyah. Tentunya, tidak lari dari tema utama yakni memperingati hari kebangkitan nasional (20 Mei 2020).”

Senada dengan itu, Dr. H. Mesiono, S.Ag, M.Pd., dalam paparan materinya menyampaikan bahwa “pandemi yang dialami bangsa Indonesia dan skala internasional hari ini bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk terus bersilaturahmi, diisi dengan kegiatan yang terdapat sharing keilmuan dan menarik seperti webinar hari agar esensi dari kebangkitan nasional yang diperingati setiap tahunnya tidak terkikis oleh pandemi covid-19, terlebih lagi ini adalah bulan ramadhan, bulan yang menguji kita untuk tetap produktif dan bangkit meski berbagai keadaan melanda secara tiba-tiba dan tak terduga.”

Sesuai dengan tema yang diangkat dalam Webinar tersebut, Dr. Lukman Hakim (Ketua Umum DPP Al Ittihadiyah) menyampaikan “menyikapi yang terjadi pada bangsa ini, seyogianya kita menyiapkan mind mapping yang rinci dan terukur dalam mewujudkan pendidikan bermutu, mengambil dan meraih makna dari nilai Ramadhan, serta didorong gelora semangat kebangkitan nasional. Sehingga Indonesia khususnya Organisasi yang kita cintai ini, tidak kehilangan jati diri berupa karakter pemersatu bangsa dalam wujud akhlakul karimah.

Senada dengan itu, Prof. Syamsul Nizar mengemukakan, “Perihal utama yang menjadi penting dalam kebangkitan nasional dengan suasana pandemi covid-19 ini adalah perhatian dan peran pemerintah, keluarga, guru, dan tokoh masyarakat dalam mewujudkan karakter anak bangsa. Melalui kegiatan webinar ini, diharapkan ada kebijakan nyata dan turut andil kita untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, sebab kita semua kelak akan dimintai pertanggungjawaban,”Ujarnya.

Tidak hanya itu, Samsul Nizar juga berharap bahwa kepada semua pihak untuk senantiasa membimbing para mahasiswa agar tidak kehilangan jati diri mereka.

Ketua Umum DPW Al-Ittihadiyah Provinsi Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd., dalam paparan materinya menegaskan bahwa “Al Ittihadiyah sebagai ormas Islam senantiasa turut andil dalam kemerdekaan dan kebangkitan bangsa. Kegiatan Webinar ini merupakan salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan untuk menggelorakan semangat kebangkitan nasional kepada para mahasiswa dan pemuda. Terlebih, suasana ramadhan merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia ketika memproklamirkan kemerdekaannya. Untuk itu, kebangkitan nasional dan nilai-nilai Ramadhan diyakini memiliki spirit kajian bersama untuk menciptakan pendidikan bermutu dan unggul.”

Kegiatan Webinar yang diselenggarakan via video conference ZOOM tersebut, mengundang antusias yang tinggi dari kalangan praktisi pendidikan, para alim ulama’, pakar ekonomi, para mahasiswa, bahkan kalangan akademisi di Sumatera Utara. Hal ini ditandai dengan tingginya jumlah peserta yang hadir, di antaranya Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag, Dr. Masganti Sitorus, M.Ag, Drs. H. Miswar, M.A., Dr. Usiono, M.A., Drs. H. Abdul Halim Nasution, M.Ag., dan sejumlah nama-nama tokoh yang mewarnai Sumut era ini.

Sebagai pamungkas, Sahlan Batubara, M.Pd., sebagai peserta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan apresiasi penuh terhadap kegiatan akademis yang dilaksanakan oleh DPW Al Ittihadiyah Sumatera Utara. Bahkan ia berharap kegiatan semacam ini dapat dicontoh oleh berbagai kalangan sebagai suatu spirit yang tak pernah padam dalam berbagai situasi dan keadaan. (Sy)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.