• Home
  • Nasional
  • GPS Bandar Laksamana Berdayakan Bumdes Penuhi Bahan Pokok Bantuan Covid-19
Selasa, 05 Mei 2020 23:04:00

GPS Bandar Laksamana Berdayakan Bumdes Penuhi Bahan Pokok Bantuan Covid-19

BAGIKAN:
Istimewa

PESISIRONE.COM, BENGKALIS - Gerakan Panggilan Sosial Bandar Laksamana berangkat dari inisiatif Camat Bandar Laksamana bersama Tokoh Masyarakat se - Linkungan Kecamatan Bandar Laksamana. GPS Bandar Laksamana dibentuk dalam upaya menyikapi dampak Covid-19 yang terjadi di Kecamatan Bandar Laksamana, Selasa (05/05/2020).

Seperti yang disampaikan oleh Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, S.STP M.Si kepada awak media bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya camat dalam rangka penanggulangan dan  memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Dengan memberdayakan sumberdaya pangan yang ada yaitu beras yang dikelola oleh BUMDesa Mutiara Sakti Desa Api-Api dan BUMDesa Paris Mandiri Desa Parit Satu Api-Api sehingga tercapai keseimbangan kebutuhan sembako dan perputaran ekonomi di lingkup Kecamatan Bandar Laksamana,” Ujarnya.

Selaku Koorinator Kecamatan Pendamping Desa Ekonomi Kecamatan Bandar Laksamana Andrika Desrianto Setiawan,S.Pi mengucapkan terimakasih kepada Camat Bandar Laksamana, seluruh personel Gerakan Panggialan Sosial, seluruh BUMDesa di Kecamatan Bandar Laksamana dan seluruh donatur.

 “ Terima kasih juga telah memberikan sumbangsih dan mempercayakan Bumdesa Paris Mandiri Desa Parit Satu Api-Api dan Bumdesa Laksamana Sakti Desa Api-Api sebagai pemasok beras utama dalam kegiatan ini. Dengan di berdayakan BUMDesa ini membuktikan bahwa Bumdesa sebagai gerbang lokomotif ketahanan pangan dan sentral perekonomian yang ada di desa dan kecamatan. Mudah mudahan dengan adanya kegiatan sosial ini, bisa membantu keluarga yang terdampak,” Tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian Gerakan Panggilan Sosial Kecamatan Bandar laksamana Rahmad Nuryadi Putra, S.IP menjelaskan bahwa kehadiran GPS merupakan upaya menyikapi dampak Covid-19 di Kecamatan Bandar Laksamana.

“Bantuan yang diberikan oleh para donatur kami salurkan dalam bentuk sembako. Adapun sembako yang kami siapkan adalah beras, minyak goreng dan telor. Maka kami melakukan penelusuruan terhadap kesediaan bahan pokok yang dikelola oleh Bumdes di lingkungan Kecamatan Bandar Laksamana. Kemudian kami temukan bahwa hanya dua Bumdes yang memiliki unit usaha penggilingan padi yakni Bumdes Paris Mandiri Desa Parit 1 Api-Api dan Bumdes Laksamana Sakti Desa Api-Api,” Pungkasnya.

Rahmad juga mengatakan bahwa melalui dua Bumdes ini kami meminta untuk menyediakan bahan pokok berupa beras.

“Dari kedua Bumdes ini kami dapat mengumpulkan beras sebanyak 3000 kg (3 ton) untuk disalurkan dalam bentuk paket sembako. Melalui kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh Bumdes di Lingkungan Bandar Laksamana telah ikut berpastisipasi memberikan sumbangan untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” Tutupnya.(Sy)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2020 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.