• Home
  • Nasional
  • Bupati Irwan Minta Kades Beri Kontribusi Nyata Untuk Pertumbuhan Ekonomi Desa
Selasa, 16 Oktober 2018 14:54:00

Bupati Irwan Minta Kades Beri Kontribusi Nyata Untuk Pertumbuhan Ekonomi Desa

BAGIKAN:
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi dalam kegiatan bimtek nasional peningkatan aparatur desa di Yogyakarta.

YOGYAKARTA, PESISIRONE.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi meminta seluruh Kepala Desa se-Kepulauan Meranti agar memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi desa.

Hal ini tegaskan Bupati dalam kegiatan bimbingan teknis nasional peningkatan kapasitas aparatur desa dengan tema Tata Kelola Keuangan Desa dan Inovasi Membangun Desa yang digelar di Yogyakarta, Senin (15/10/2018) malam.

Kegiatan bimtek itu ditaja oleh Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kepulauan Meranti. Dibuka secara resmi oleh Bupati Irwan.

Bupati berharap tahun 2019 seluruh Pemerintah Desa di Meranti hendaknya dapat melakukan pembangunan desa dan mengelola anggaran dana desa dengan baik dan benar.

"Anggaran dana desa menjadi stimulan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Desa harus menjadi terdepan dalam berbagai program pembangunan," ungkap Irwan.

Dengan demikian pembangunan yang dilaksanakan akhirnya akan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk itu, para kepala desa sangat diharapkan mampu mengemban tugas dan membawa desa ke arah yang lebih baik.

"Tidak asal melaksanakan pembangunan tanpa kajian mendalam. Dengan begitu anggaran yang dikucurkan pemerintah setiap tahunnya akan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa," terang Bupati Irwan.

Program pembangunan yang akan dilaksanakan, di Desa, kata Irwan juga harus melalui musyawarah dari seluruh elemen desa. Sehingga apapun bentuk pembangunan yang dilaksanakan akan memberikan manfaat nyata bagi kemajuan desa.

"Untuk pengelolaan dan manajemen keuangan desa yang baik dan benar itulah tujuan kepala desa harus jauh jauh datang ke Pulau Jawa ini, dengan harapan dapat mengadopsi sepenuhnya  ilmu yang dipelajari selama mengikuti Bimtek tersebut," tambah Bupati Irwan.

Kegiatan ini juga bisa kita sebut sebagai kegiatan studi tiru yang nantinya akan dibawa ke pulang dan dipraktekkan di desa masing-masing.

Orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu juga mengingatkan kepada pemerintah desa agar melakukan inovasi di desanya. Sehingga pertumbuhan ekonomi bisa bertumbuh dan pada akhirnya masyarakat semakin sejahtera dan desa pun jadi mandiri.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kasi Pidsus Kajari Meranti Robby Prasetya SH MH, Kasi Inteligen Zia Ulfa SH MH, Asisten III Rosdaner, Kadis PDM Drs Ikhwani M IP, Sekretaris PMD Edi M Nur SH MSi, Kabid Pemdes, Kasubag Protokol Rinaldi.(rls/mad)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.