Selasa, 03 Desember 2019 15:59:00

Komisi III DPRD Meranti Monitoring Persiapan Puskesmas Alai Menuju BLUD

BAGIKAN:
Istimewa

PESISIRONE.COM, MERANTI - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Selasa (3/12/2019). Kunjungan dalam rangka monitoring persiapan Puskesmas Alai menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi III Dr Hafizan SAg MPd, didampingi Anggota Komisi Dr H Taufikurohman, T Zulkenedi Yusuf, Suji Hartono, Cun Cun SE MSi, dan Helmi AMd. Turut hadir Kasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, Masitah SKep.

Kedatangan rombongan Komisi III DPRD Kepulauan Meranti disambut baik oleh pihak Puskesmas Alai melalui Kepala TU, Muji Rahayu dan Dr Taufik. Menurutnya, ini merupakan feedback positif untuk puskesmas, dan berharap dapat menjadi jembatan antara puskesmas dan masyarakat. 

Tidak hanya berdiskusi, Komisi III juga meninjau sarana prasarana, administrasi dan tenaga medis di Puskesmas Alai yang merupakan puskesmas rawat inap serta persiapan menuju BLUD.

"Untuk rawat inap, secara umum sarana prasarana, administrasi dan tenaga medis maupun non medis sudah terpenuhi,  tinggal melengkapi beberapa hal yang dianggap perlu," ujar Hafizan.

Secara prinsip, lanjut dia, Komisi III DPRD Kepulauan Meranti mendukung penuh agar Puskesmas Alai berubah dari puskesmas umum menjadi BLUD. Namun dengan catatan, apapun kebijakan Pemerintah Daerah yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat, jika terindikasi merugikan masyarakat maka kebijakan tersebut perlu ditinjau ulang,  dikaji ulang dan didiskusikan lagi bersama DPRD khususnya Komisi III.

"Untuk tindak lanjut persoalan ini akan didiskusikan lebih matang pada rapat kerja Komisi III bersama Dinas Kesehatan dan pengelola Puskesmas Alai pada Kamis (5/12/2019) nanti," ungkapnya. (Humas Setwan Meranti)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.