• Home
  • Advertorial
  • Ketua DPRD Bengkalis Memimpin Langsung Rapat Paripurna Istimewa HUT Bengkalis Ke 507 Tahun 2019
Rabu, 31 Juli 2019 11:05:00

Ketua DPRD Bengkalis Memimpin Langsung Rapat Paripurna Istimewa HUT Bengkalis Ke 507 Tahun 2019

BAGIKAN:

BENGKALIS, PESISIRONE.com - Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir memimpin secara langsung Rapat Paripurna Istimewa  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dalam rangka sempena hari jadi Bengkalis ke 507 tahun 2019, di dampingi Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan unsur pimpinan DPRD lainnya Yakni Indra Gunawan, Zulhelmi dan Kaderismanto, di ruang Paripurna DPRD Bengkalis, Selasa (30/7/19) pagi.

Paripurna Istimewa ini juga dihadiri Mantan Bupati Bengkalis, Asisten I Pemerintah Provinsi Riau Ahmad Syahrofie dan  Wakil Ketua DPRD Prop Riau Sunario dan unsur Forkompimda Bengkalis.

Selain itu jumlah tamu undang juga turut hadir menyaksikan rapat paripurna istimewa ini. Diantaranya tokoh adat, agama, dan pemuda.

Paripurna dibuka langsung oleh Ketua DPRD Bengkalis dengan memastikan jumlah anggota DPRD Bengkalis yang hadir sesuai qorum sidang. Dimana anggota DPRD Bengkalis yang hadir berjumlah 39 orang dari 45 orang.

Usai memastikan qourum sidang terpenuhi, Abdul Kadir secara rinci menceritakan sejarah peringatan hari jadi Bengkalis yang sudah di peringati sejak empat belas kali ini.

Kemudian pimpinan sidang menjelaskan bahwa Sidang paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-507 Bengkalis merupakan puncak apresiasi terhadap sejarah perjuangan Daerah Bengkalis, yang dilaksanakan setiap tanggal 30 juli sejak disahkannya Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan Hari Jadi Bengkalis.

Pemilihan tanggal tersebut sebagai tanggal hari jadi Bengkalis bermula dari peristiwa heroik dimasa lampau, dimana para pejuang Bengkalis bersedia mengorbankan nyawa mempertahankan Bengkalis di tahun 1512 Masehi.

"Pada saat itu pasukan gabungan dari Pulau Bengkalis, Siak Kecil dan Bukit Batu berkumpul di kuala Muar di bawah pimpinan Kesultanan Malaka untuk menyerang Portugis. Penyerangan ini mampu membuat Portugis saat itu mundur," papar  Abdul Kadir saat menyampaikan sejarah Pulau Bengkalis.

Masih katanya, karena pihak Portugis merasa tidak puas dengan kekalahannya kemudian kembali melakukan penyerangan kembali ke pulau Bengkalis. Namun serangan tersebut juga mampu di tekan mundur oleh pejuang Bengkalis.



Berdasarkan peristiwa heroik yang terjadi di bulan Juli inilah menjadi dasar penetapan hari jadi Bengkalis. Dimana pada masa itu dengan jumlah yang terbatas warga Bengkalis mampu mempertahankan pulau Bengkalis.

"Melalui peringatan hari jadi ini, merupakan bentuk memuliakan perjuangan masa lampau. Karena berpangkal dari masa lalu Bengkalis ini ada," pungkasnya.

Dengan peringatan yang dilakukan ini, semua pihak bisa mengambil pelajaran agar bisa melakukan hal yang terbaik untuk masa depan.  "Pelajari sejarah agar tidak terkelincir di masa depan," tambahnya.

Menurut Kadir, sampai saat ini Bengkalis masih terus bergerak maju dan berbenah diri. Demi mencapai negeri yang makmur bagi masyarakat Bengkalis.

Selain itu, hari jadi Bengkalis diharapkan tidak hanya sebagai peristiwa mengenang atau kegiatan seremonial belaka. Namun diharapkan bisa menjadi kilas balik apa yang telah dilakukan, karena melihat laju pembangunan yang telah dilakukan, agar dimasa akan datang harus ditingkatkan.

Sedangkan pidato Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi mengajak melalui Hari Jadi ke-507 Bengkalis, seyogjanya harus mengoptimalkan lagi kebersamaan dalam menyongsong Kabupaten Bengkalis yang maju dan makmur di masa kini dan di masa yang akan datang.

" Kepada semua pihak untuK meningkatkan semangat kerja bersama demi terwujudnya kabupaten yang penuh sejarah ini menjadi daerah yang maju dan makmur. Idrealnya, kemajuan pertumbuhan pembangunan daerah hendaknya diiringi juga dengan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi rakyatnya, " kata Gubri Syamsuar.

Tentunya, tambah Syamsuar. Hal tersebut terus menjadi persoalan bagi semua dalam menghadapi segala tantangan zaman. Terlebih lagi, Kabupaten Bengkalis dengan sumber daya manusia yang ada tentunya dapat memberikan kontribusi dan warna tersendiri dalam pembangunan di Provinsi Riau.

" Pemerintah Kabupaten Bengkalis harus mampu mengangkat potensi-potensi alam yang dimiliki di daerah ini, selain minyak bumi dan gas tentunya masih banyak potensi lainya seperti wisata alam, religi, situs sejarah dan ragam budaya yang dimiliki oleh Bengkalis ini, " imbuh Gubri.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada kesempatan paripurna istimewa hari jadi Bengkalis ke 507 ini mengatakan, pada peringatan hari jadi ini, mari jadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini. Dengan karya dan prestasi, dan harapan akan masa depan  yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto saat diwawancarai Pesisirone.com, sesaat setelah agenda sidang tersebut selesai, menyampaikan bahwa refleksi sejarah Hari Jadi Bengkalis ini dapat membawa semangat perubahan dan pembenahan bagi Kabupaten Bengkalis tetap kondusif aman dan tentram yang berbasis kearifan lokal secara suistenable sehingga tercipta kondisikan pencapaian sukses pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata.



Kedepan, masih harapnya, kita semua satukan pikir, langkah dan gerak sebagai daya dukung kita dalam sukseskan pembangunan baik daerah nasional, dengan mengaktualisasikan sinergitas program pembangunan nasional dan daerah agar tercipta peningkatan kesejahteraan rakyat.

" Dari hati yang paling dalam dan ikhlas karena Allah, kita kirim doa dan penghargaan atas jasa dan pengabdian para tokoh-tokoh pemimpin dan pejuang Bengkalis dahulu yang telah memberikan kepada daerah ini untuk menjadi negeri junjungan yang bermarwah, bermartabat dan kuat sebagai salah satu wilayah perbatasan NKRI, " pungkasnya. (Red/adv)

  berita Terkait
  • Disetujui Dibahas pada Tingkat Selanjutnya, DPRD Bengkalis Bentuk Pansus

    satu bulan lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir memimpin secara langsung Rapat Paripurna Istimewa  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dalam rangka

  • Syafril Naldi Ajak Masyarakat Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan

    3 bulan lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir memimpin secara langsung Rapat Paripurna Istimewa  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dalam rangka

  • Sebagai Pemenang Pemilu 2019, MUI Bengkalis Berikan Tahniah Kepada Jokowi - Ma'ruf

    3 bulan lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir memimpin secara langsung Rapat Paripurna Istimewa  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dalam rangka

  • Erwin Berharap Bulan Ramadan Jadikan Penyejuk Ketegangan Pasca Pemilu 2019

    3 bulan lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir memimpin secara langsung Rapat Paripurna Istimewa  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dalam rangka

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2012 - 2019 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.