• Home
  • Advertorial
  • Beberapa Catatan dari Fraksi, APBD Bengkalis 2018 Akhirnya Disahkan DPRD Bengkalis Sebesar Rp3.572 T
Jumat, 01 Desember 2017 17:03:00

Beberapa Catatan dari Fraksi, APBD Bengkalis 2018 Akhirnya Disahkan DPRD Bengkalis Sebesar Rp3.572 T

BAGIKAN:
Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir memimpin rapat Paripurna pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bengkalis tahun 2018

BENGKALIS, PESISIRONE.com - Rabu, (29/11/2017) sekitar pukul 05.24 WIB, Sore, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dikomandoi oleh ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir dan dihadiri 35 orang anggota DPRD Bengkalis, akhirnya mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bengkalis tahun 2018 dengan beberapa catatan dari Faksi.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Abdul Kadir (dua dari kiri) didampingi Wakil Ketua, Indra Gunawan,  Zulhelmi dan Kaderismanto dalam rapat Paripurna 

Diawali Laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bengkalis yang dibacakan juru bicara Banggar, Rianto mengatakan bahwa APBD bengkalis tahun 2018 menargetkan pendapatan bengkalis sebesar Rp 3.572.246.626.998. Dengan rincian pendapatan berasal dari Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan dari dana perimbangan dan pendapatan lainnya dianggap sah.

Pendapatan dari PAD ditargetkan sebesar Rp 512.048.477.998, pendapatan dari dana perimbangan sebesar Rp 2.656.895.309.000, sementara pendapatan lain sebesar Rp 403.302.840.000,.

"Untuk pengeluaran dari Belanja daerah direncanakan sebesar Rp 3.632.246.626.998. Dari jumlah balanja tersebut APBD bengkalis mengalami defisit sebesar Rp 60 miliar,"" kata Rianto saat membacakan laporan Banggar.

Namun defisit itu, lanjut Rianto akan di tutupi dengan pembiayaan Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD 2017 ini (tahun sebelumnya,red).

Setelah membacaan laporan Banggar tersebut, Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir  memberikan kesempatan masing masing fraksi untuk menyampaikan pendapatnya terkait laporan Banggar ini. Pada kesempatan tersebut, tujuh fraksi pada intinya menyetujui laporan Banggar tersebut disahkan sebagai APBD Bengkalis. Namun, beberapa fraksi menyampaikan catatan yang harus diperhatikan pemerintah Bengkalis.

Catatan dari Fraksi PKS: Penggunaan Anggaran Harus Sesuai Janji Politik Bupati
 
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di wakili Azmi R Fatwa mengatakan, pihaknya berharap penggunaan anggaran harus sesuai dengan janji politik Bupati. Seperti menjadikan Bengkalis sebagai gerbang pertanian.

"Janji ini harus diwujudkan karena merupakan janji politik saat kampanye lalu kepada masyarakat, " kata Azmi.

Selanjutnya, Bupati Bengkalis harus memperhatikan terkait pembayaran pesangon karyawan PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ). Sebut Azmi, sebagaimana diketahui mereka sudah dua tahun di berhentikan namun belum dibayarkan sampai saat.

"Apalagi dianggarkan untuk pembayaran mereka pada tahun ini, " jelas Azmi.

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis saat mengkuti rapat paripurna pengesahan APBD 2018

Catatan dari Fraksi PDI Perjuangan: Percepat Pelaksanaan Kegiatan dan Maksimalkan Kualitas    

Catatan di sampaikan Fraksi PDI Perjuangan di wakili Daud Gultom, dimana PDI Perjuangan meminta pada tahun depan pelaksanaan kegiatan pembangunan Insfrastruktur harus dilakukan lebih cepat. Jangan terjadi lagi pada akhir tahun baru dilelang.

"Karena akan berdampak pada pada kualitas pekerjaan menjadi tidak maksimal, " terang Daut Gultom.

Catatan dari Fraksi Partai Demokrat: Gunakan APBD 2018 secara Tertib dan Transfaran

Catatan dari fraksi Partai Demokrat, diwakili Nanang Harianto, mengatakan agar APBD 2018 dilaksanakan secara tertib dan transparan. Idealnya, lanjut Nanang hasil yang disampaikan Badan Anggaran harus sesuai dengan verifikasi di provinsi.

Catatan dari Fraksi Gerinda: Apresiasi Atas Pencapaian PAD Rp 500 Miliar

Catatan dari Fraksi Gerinda diwakili Indrawan Sukmana, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, karena pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018 mencapai Rp500 miliar. Kendatipun demikian Indrawan tetap memberikan beberapa catatan.

"Peningkatan target PAD tersebut harus diiringi dengan komitmen untuk menggali retribusi daerah yang didukung dengan regulasi terbaru. Selanjutnya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) diminta untuk punya strategi jitu dalam meningkatkan PAD Kabupaten Bengkalis. Dan permudah segala perizinan,” kata Indrawan.

Catatan dari Fraksi Gabungan Negeri Junjungan: Bapeda Diminta Maksimalkan PAD

Catatan dari Fraksi Gabungan Negeri Junjungan, Irmi Syakip Arsalan, mengatakan agar Bapenda memaksimalkan upaya dan daya untuk meningkakan PAD. Dan seluruh Perangkat Daerah harus memperhatikan azas efektif dan efisien dalam melaksanakan APBD 2018

Sementara, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, yang telah menggesa pengesahan APBD 2018 dengan menjalankan tugas dan fungsi selama pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018.

Bahkan, Berbagai dinamika dalam proses pembahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan, sehingga penetapan APBD dapat dilaksanakan tepat waktu.

“Kami sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang diberikan oleh DPRD selama pembahasan, terutama dalam rangka mempertajam target-target program dan kegiatan yang direncanakan. Semoga apa yang diputuskan hari ini dapat segera ditindaklanjuti, karena masyarakat sangat menunggu realisasi program dan kegiatan yang sama-sama telah kita bahas dan telah disetujui hari ini,” sebutnya.

Amril juga memberikan ucapan terima kasih atas dukungan segenap komponen masyarakat Kabupaten Bengkalis. Apakah itu baik perhatian secara langsung maupun pengertian untuk memaklumi dinamika dalam proses penyusunan dan pembahasan Rancangan APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018.

“Semoga kondisi sosial masyarakat ini dapat kita jaga terutama pada saat mengimplementasikan program dan kegiatan pada tahun 2018 nantinya. Dan, kita sama-sama telah memaklumi bahwa apa yang telah kita rencanakan, kita bahas dan kita sepakati  hari ini merupakan wujud dari aspirasi masyarakat yang perlu kita laksanakan secara baik,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto menandatangani berita acara pengesahan Ranperda APBD 2018

Bupati Amril Mukminin Tegaskan OPD Segera Bekerja

Dalam sambutan itu juga Bupati Amril menghimbau kepada seluruh perangkat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis selaku pengguna anggaran, untuk segera mempersiapkan segala sesuatu, baik itu administrasi, prosedur dan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 mendatang.

“Sesuai telah dianggarkan menjadi kewajiban yang melekat di masing-masing urusan dan akan dipertanjungjawabkan oleh OPD secara manfaat maupun dampaknya bagi pembangunan Bengkalis Negeri Junjungan yang kita cintai ini,” ungkap Amril.

Usai mendengarkan pandangan fraksi fraksinyan ada akhirnya Ketua DPRD Bengkalis membacakan pengesahaan APBD Bengkalis. Pengesahan ini ditandai ketukan palu ketua DPRD Bengkalis disaksikan Bupati Bengkalis.

Rapat paripurna dihadiri oleh 35 orang anggota DPRD Bengkalis. Selain itu bupati Bengkalis Amril Mukminin dengan sejumlah kepala SOPD Bengkalis ikut hadir dalam paripurna pengesahan APBD ini.

Tampak terlihat Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, H Arianto, Asisten Administrasi Umum, H T ilyas,  Kepala BPKAD H Bustami Hy serta sejumlah para pejabat tinggi Pratama, Pengawas dan Administator. [Andrias]

  berita Terkait
  • Polsek Siak Kecil Amankan 2 Pelaku beserta 10 Kg Sabu di Jalan Lintas Pakning-Pekanbaru

    9 jam lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Rabu, (29/11/2017) sekitar pukul 05.24 WIB, Sore, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dikomandoi oleh ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir da

  • Implementasi Penerapan E-Govermnment, Sistem Pemerintahan Bengkalis yang Moderen

    2 hari lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Rabu, (29/11/2017) sekitar pukul 05.24 WIB, Sore, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dikomandoi oleh ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir da

  • Kompetisi Olahraga Tingkat Pelajar Tahun 2017, Bupati Ingatkan Para Atlet agar Menjunjung Sportivitas

    21 jam lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Rabu, (29/11/2017) sekitar pukul 05.24 WIB, Sore, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dikomandoi oleh ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir da

  • Disdagprin Bengkalis Ingatkan Pedagang Tidak Lakukan Penumpukan Bahan Pokok

    21 jam lalu

    BENGKALIS, PESISIRONE.com - Rabu, (29/11/2017) sekitar pukul 05.24 WIB, Sore, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis dikomandoi oleh ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir da

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2012 - 2017 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.