• Home
  • Advertorial
  • Banglas Barat Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Perkampungan Pemuda
Selasa, 08 April 2014 17:49:00

Gelar Iven Internasional

Banglas Barat Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Perkampungan Pemuda

BAGIKAN:
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Masrul Kasmy pimpin rapat persiapan Perkampungan Pemuda DMDI ke-II di ruang rapat Melati kantor Bupati.
MERANTIONE, POG - Desa Banglas Barat, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepaulauan Meranti terpilih sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan Perkampungan Pemuda yang diselenggarakan oleh Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), yang digelar pada 27 Mei 2014 mendatang.
 
Ditunjuknya Desa Banglas Barat sebagai tuan rumah pada pelaksanaan Iven Nasional tersebut ditetapkan pada rapat persiapan pelaksanaan Perkampungan Pemuda DMDI yang digelar di ruang rapat Melati kantor Bupati Kepulauan Meranti, jalan Dorak, Selatpanjang, Senin (7/4/2014) kemarin.
 
Rapat pesiapan Iven Internasional tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Masrul Kasmy dan dihadiri oleh panitia Steering Comitte (SC) Perkampungan Biro Pemuda Dunia Melayu Dunia Islam, Ajis dan Sekretarisnya, Drs. Taslim MA.
 
“Saya berharap acara ini nantinya ditata secara baik, mulai dari pelayanan hingga sampai keamanannya karena ini menyangkut tamu asing, dimana mereka sebagai tamu negara. Untuk panitia nantinya diharapkan dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” pinta Wabup.
 
Sebagai tamu negara, sudah sepantasnya mendapatkan pelayanan secara baik, mulai  dari penempatan keluarga angkat, dari segi ketersediaan air bersih hingga masalah toilet yang kebersihannya perlu dijaga begitu juga dengan pelayanan keamanan. 

"Dengan begitu, maka rasa kenyamanan itu akan terwujud dan dapat dirasakan oleh para tamu kita nanti selama mereka berada di perkampungan Desa Banglas Barat itu nanti," sebutnya.
 
Pada rapat tersebut wabup juga meminta jaminan keamanan bagi para tamu pelajar dari Malaysia tersebut. "Jangan sampai kita mendengar ada peserta yang kehilangan barang-barang pribadi. Ini harus benar-benar kita jaga agar nama baik daerah dan warga dapat terjaga,” harap Wabup.
 
Sementara itu Steering Comite (SC) Perkampungan Biro Pemuda DMDI, Ajis mengatakan kegiatan tersebut direncanakan pada 27 hingga 31 Mei 2014. Jumlah peserta pada kegiatan tersebut bisa mencapai 100 orang lebih yang terdiri dari pemuda Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam dan beberapa pemuda dari propinsi di Indonesia. 

“Kemungkinan jumlahnya bisa mencapai 200 orang. Ini menjadi peluang bagi pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mempromosikan berbagai keunggulan yang ada di daerah, baik dari segi pariwisata dan kerajinan tangan, perdagangan dan sebagainya. Karena yang datang biasanya akan berbelanja dalam jumlah besar. Ini justru membuka peluang bagi usaha kecil yang ada,” ungkap Ajis.
 
Ia menjelaskan, DMDI memiliki peran penting dalam membina hubungan sesama Melayu Serumpun. Bahkan,  bukan saja di Asean tapi juga di China bahkan sampai ke Amerika, para pemuda mampu membangun kebersamaan yang lebih kuat karena perkumpulan DMDI tidak hanya membicarakan masalah kepemudaan dan juga persoalan yang berhubungan dengan Dunia Melayu Dunia Islam. 

"Kita patut bangga, karena kita mampu berkumpul sebagai orang Melayu, yang bisa mengangkat harkat dan martabat Melayu," ucapnya. 

Sementara itu Kepala Desa Banglas Barat akan mempersiapkan sebanyak 40 unit rumah untuk persiapan rumah keluarga angkat. "Kita sudah melakukan survey kelayakan, begitu juga menyangkut lokasi kegiatan-kegiatan, baik itu panggung seni dan kebudayaan.olahraga maupun kegiatan lainnya," bebernya.

Rapat persiapan iven internasioanal tersebut turut melibatkan berbagai unsur diantaranya, Dinas Peniddikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Parawisata Pemuda dan Olahrga (Disparpora), Dinas Perindustrian Perdagangan UKM (Disprindag-UKM) Kepaulauan Meranti, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Polres Kepulauan Meranti serta pihak terkait lainnya. (ima/adv)

  komentar Pembaca
Copyright © 2012 - 2018 Online Terkini & Bermartabat. All Rights Reserved.